Sutradara 'Crazy Rich Asians 2' Bangga Penulis Naskah Mundur

Administrator - Rabu,11 September 2019 - 11:54:41 wib
Sutradara 'Crazy Rich Asians 2' Bangga Penulis Naskah Mundur
Sutradara 'Crazy Rich Asians', Jon M Chu bangga akan penulis naskah Adele Lim yang keluar dari proyek sekuel demi mempertahankan keyakinannya.cnni pic

Jakarta : Sutradara 'Crazy Rich Asians' Jon M Chu mengatakan bangga dengan keputusan penulis naskah Adele Lim untuk mundur dari proyek karena menemukan tak mendapat bayaran sepadan dengan penulis laki-laki.

Sebelumnya, Lim mengumumkan mundur dari proyek sekuel Crazy Rich Asians karena rekan sesama penulis, Peter Chiarelli mendapat bayaran lebih tinggi.

Menurut sumber dalam, Warner Bros. memberi penawaran awal sebesar US$800 ribu hingga US$1 juta untuk Chiarelli. Sedangkan untuk Lim, hanya US$110 ribu.

Kini Chu, yang juga akan mengarahkan sekuel film tersebut akhirnya buka suara atas kontroversi tersebut.

Meski dia dan rumah produksi tak berhasil mencapai kesepakatan dengan gaji Lim, tapi dia mengaku tetap bangga atas keberanian mantan rekan kerjanya itu untuk berdiri dengan apa yang diyakini.

"Ketika saya mengetahui dia tak senang dengan tawaran awal, para produser, saya dan eksekutif studio bertindak untuk memastikan kami mencapai tempat yang setara antara dua penulis dengan jumlah yang signifikan," tulisnya dalam surat terbuka yang diunggah di Twitter seperti sitat CNN Indonesia.

"Sayangnya saat kami datang dengan beberapa cara berbeda untuk memenuhi kebutuhan semua orang, banyak waktu telah berlalu dan dia menolak tawaran itu. Hal-hal ini terjadi dalam negosiasi, dan saya bangga bahwa dia mampu membela dirinya sendiri. Mengukur nilai dan berjalan pergi ketika dia merasa seperti diremehkan," lanjut Chu.

Disitat CNN Indonesia, Chu kemudian meminta penggemar untuk tidak menyalahkan Chiarelli karena kejadian itu. Menurutnya, Chiarelli merupakan pria yang baik, sangat kreatif, dan telah profesional dalam industri selama bertahun-tahun.


Dalam pernyataan itu, dia juga mengatakan masih membuka pintu bagi Lim untuk kembali bergabung ke dalam proyek tersebut.

Terkait permasalahan gaji ini sebelumnya pihak studio disebut telah menjelaskan kepada perwakilan Lim bahwa bayaran yang ditawarkan itu sudah sesuai dengan rentang standar yang ditetapkan industri berdasarkan pengalaman.

Jika membuat pengecualian kepada Lim, studio disebut akan menjadi hal yang mengganggu dalam bisnis.

Lim merupakan penulis untuk televisi yang belum pernah menulis naskah film, sampai dilibatkan dalam film Crazy Rich Asians.

Sementara itu, Chiarelli tercatat berpengalaman menulis naskah film panjang. Ia tercatat pernah menulis naskah film Proposal pada 2009 sebagai salah satu karya utamanya.

Namun fakta tersebut ditentang oleh Lim. Ia berpendapat, aturan tersebut mesti dievaluasi berdasarkan kinerja serta kontribusi yang diberikan dalam proyek tersebut.

Lim pun menyinggung bahwa wanita dengan kulit berwarna seperti dirinya kerap diremehkan oleh industri.

"Dikontrak untuk membocorkan detail budaya tertentu pada skenario, ketimbang memuji karya substantif untuk menyusun cerita," kata Lim.


RRN/CNNI