Diskes Rohul Distribusikan 21 Ribu Masker ke Puskesmas

Administrator - Selasa,10 September 2019 - 16:44:42 wib
Diskes Rohul Distribusikan 21 Ribu Masker ke Puskesmas
Bambang Triono.cakaplah.com pic

PASIRPENGARAIAN : Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, bergerak cepat menyikapi memburuknya kualitas udara akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Riau.

Tak ingin ada masyarakatnya yang jatuh sakit akibat menghirup kabut asap Kiriman tersebut, Diskes Rohul mendistribusikan masker ke 21 Puskesmas yang ada di 16 Kecamatan di Rokan Hulu.

Kepala Dinas Kesehatan Rohul dr. Bambang Triono Kepada CAKAPLAH.COM, Selasa (10/9/2019) mengatakan, dari 35 ribu persediaan masker yang dimiliki Dinas Kesehatan Rohul, pihaknya saat ini sudah mendistribusikan sebanyak 21 ribu masker ke 21 Puskesmas. Dimana, masing-masing pukesmas mendapatkan alokasi sebanyak 10 ribu masker.

“Bagi masyarakat di 16 kecamatan yang membutuhkan masker silahkan datang ke puskesmas setempat, petugas kami siap membagikan masker secara gratis kepada warga,” ujar Bambang seperti sitat cakaplah.co.

Untuk mengantisipasi potensi makin meningkatnya intensitas kabut asap di Rohul, Bambang mengakui pihaknya juga telah mengajukan permintaan tambahan masker kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau.


554 Penderita ISPA

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu mencatat sejak tanggal 1-9 September 2019 jumlah penderita ISPA di seluruh wilayah Kabupaten Rokan Hulu mengalami peningkatan cukup signifikan. Penderita ISPA di daerah berjuluk negeri seribu suluk sudah mencapai 554 Jiwa.

Dikatakan Bambang, ada 3 kecamatan penyumbang penderita ISPA terbesar di Rohul masing-masing Kecamatan Kunto Darusalam 89 kasus, Ujung Batu sebanyak 77 kasus, Pendalian IV Koto 63 Kasus.

“Secara umum memang ada peningkatan Penderita ISPA, namun setiap hari jumlahnya befluktuasi. Sebagian besar memang disebabkan asap, tapi juga ada yang disebabkan karena faktor lain," pungkasnya.


RRN/CKP