realme 3 Pro, Klaim Flagship di Kelas Terjangkau

Administrator - Senin,02 September 2019 - 16:10:50 wib
realme 3 Pro, Klaim Flagship di Kelas Terjangkau
realme 3 Pro.medcom.id pic

Jakarta: Sejak pertama hadir di Indonesia merek realme mengklaimmenyediakan smartphone yang menargetkan selera sekaligus kebutuhan anak muda dengan harga yang juga ramah kantong alias terjangkau.

Beberapa kali janji ini dipenuhi oleh Realme dan yang terbaru sebagai flagship mereka adalah realme 3 Pro. Smartphone ini dirilis beberapa waktu lalu bersama versi non-pro yaitu realme 3. Tentu saja konsumen lebih banyak yang penasaran dengan versi Pro.

Berikut ini Medcom.id akan mengulas realme 3 Pro yang diklaim sebagai smartphone flagship,tapi tetap menawarkan harga terjangkau. Tersedia dua varian kapasitas RAM dan memori internal, versi 4/64GB di harga Rp2.999.000 dan 6/128GB di Rp3.699.000.


Desain

Meskipun desainnya tidak semewah flagship di harga Rp12 juta tapi realme 3 Pro cukup pantas mengklaim sebagai smartphone flagship di harga terjangkau. Di bagian belakangnya, realme 3 Pro memiliki tampilan gradasi warna. Medcom.id menguji smartphone varian warna Nitro Blue, perpaduan biru dan ungu.

Sebetulnya perpaduan dua warna ini bukan hal baru. Namun yang menarik di realme 3 Pro adalah desain bodi belakangnya juga memperlihatkan efek visual seperti tekstur bergaris. Efek ini terlihat saat permukaannya terpantul cahaya dan dilihat dari dekat.

Di sisi lain, model permukaan yang mengkilap ini juga memiliki efek negatif, mudah meninggalkan bekas genggaman jari saat berminyak. Ya, selain menyajikan efek visual mengkilap saat terpapar cahaya, ada bercak sidik jari yang mengganggu.

Terdapat pemindai sidik jari di bagian belakangnya. Kemudian sebuah kamera belakang ganda dengan bingkai berwana metalik dan sebuah ring berwarna emas di bagian belakang. Medcom.id sendiri kurang nyaman dengan pemilihan warna kedua bagian tadi, tidak sesuai dengan warna bodi yang diusung.


Beralih ke bagian depannya. realme 3 Pro mengusung layar berukuran 6,3 inci yang dilaim berlapis coating Gorilla Glass 5. Resolusi layarnya mengusung FullHD+ (1080 x 2340p) dengan rasio 195:9, sehingga bezelnya juga tipis.

Seperti smartphone masa kini, layarnya memiliki notch model dew drop berisi kamera depan yang persis di bagian atasnya terdapat grill speaker. Tidak ada tombol navigasi, semuanya berpindah ke atas layar. Di sisi kanan tersedia tombol Power sementara tombol volume di letakan di sisi kiri.

Sedikit berbeda dengan kebanyakan smartphone yang menyatukan tombol volume dan Power di sisi kanan. Bagi Medcom.id desain tersebut masih tergolong ergonomis. Slot MicroSD di sisi kiri menyimpan tiga slot yang digunakan untuk dua kartu SIM dan satu MicroSD.

Di sisi bawahnya terdapat lubang audio jack dan port MicroUSB. Meskipun belum mengandalkan USB-C tapi realme 3 Pro sudah mendukung pengisian cepat dari adapter charger bawaan berfitur pengisian cepat VOOC 3.0.


Antarmuka dan Fitur

realme 3 Pro dirilis sudah mengadopsi Android 9.0 Pie yang dimodifikasi menjadi antarmuka dari Color OS buatan realme. Versi Color OS yang digunakan adalah versi Color OS 6.0 yang memiliki App Drawer dan beberapa fitur esensial.

Pengalaman Medcom.id menggunakannya, antarmuka ini terasa ringan meskipun terdapat beberapa recent app yang cukup banyak. Tampilan ikon yang disajikan juga terasa lebih segar dan tidak meniru merek lain terutama antarmuka produk Apple yang kerap ditiru smartphone Android.

Ada fitur Moto Ride yang menonaktifkan semua notifikasi saat berkendara. Fitur ini secara otomatis mengenali bahwa penggunanya sedang berkendara. Selain itu, fitur ini secara otomatis memberikan balasan SMS kepada panggilan yang tidak diterima saat berkendara.

Mendukung para gamer, realme 3 Pro juga memiliki mode Game Space. Fungsinya menonaktifkan notifikasi yang bisa mengganggu keseruan di tengah game dan mengoptimalisasi performa perangkat sekaligus game yang dimasukkan ke fitur ini.

Tidak ketinggalan ada fitur pemindai sidik jari yang responnya menurut Medcom.id cukup cepat. Satu lagi adalah fitur AI di kameranya yang akan dijelaskan pada penjelasan di bagian kamera.


Kamera

realme 3 Pro memiliki kamera belakang ganda yang menggunakan sensor Sony IMX 519 resolusi 16MP aperture f/1.7 dan lensa keduanya beresolusi 5MP f/2.4. Di kamera depan disediakan sensor 25MP aperture f/2.0.

Fitur AI yang otomatis mendeteksi objek atau pemandangan yang tertangkap kamera sehingga memilih mode foto terbaik masih bisa ditemukan di realme 3 Pro. Kemampuan AI ini cukup kadang sulit dan kadang mudah dimanfaatkan.

Pada beberapa pengambilan foto kadang hasil foto malah jadi terlalu overexposure dan warna putih justru terlihat menjadi agak sedikit kuning. Namun pengalaman menggunakan kamera belakangnya cukup memuaskan.

Tersedia juga mode Nightscape untuk menghasilkan foto malam dengan efek cahaya yang dramatis. Kualitasnya efeknya memuaskan tapi Medcom.id ingatkan jangan bandingan dengan mode Nightscape di kamera smartphone harga di atas Rp8 juta atu Rp12 juta.

Beralih ke kamera depannya, sangat bisa diandalakn untuk mengambil foto selfie di kondisi malam dengan catatan pencahayaan mencukupi. Kualitas foto yang dihasilkan akan masih tajam dan cerah tapi tetap terlihat sedikit bercak noise yang muncul.


Bagaimana Performanya?

Dapur pacu realme 3 Pro dibekali Qualcomm Snapdragon 710 2,2GHz dan GPU Adreno 616. Varian kapasitas RAM dan memori internalnya ada dua seperti yang disebutkan Medcom di awal ulasan dengan harga berbeda.

realme 3 Pro kami uji menggunakan aplikasi benchmark PCMark Android dan kemampuan grafisnya dengan 3DMark Android. Medcom.id kemudian membandingkan performanya dengan smartphone lain di kelas menengah. Tercatat performanya tidak buruk.

Dalam pengujian untuk bermain game PUBG Mobile, realme 3 Pro bisa bermain di konfigurasi grafik High dan resolusi HD dengan lancar tanpa tersendat. Suhu saat bermain juga terbilang tidak hangat sehingga realme 3 Pro tidak akan terasa panas.

Beralih ke pengujian baterai di PCMark Android tercatat smartphone ini bisa melalui simulasi penggunaan hingga hampir 12 jam. Tentu saja hasil ini bervariasi saat penggunaan nyata tergantung masing-masing pengguna. Hal ini bisa mewakili penilaian bahwa daya tahan smartphone ini cukup panjang.

Perlu diketahui bahwa kapasitas baterainya cukup besar yaitu 4045mAh.


Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman Medcom.id menggunakan realme 3 Pro, smartphone ini sangat patut menjadi pertimbangan saat akan membeli smartphone di kelas menengah. Performanya baik dengan kamera memuaskan di kelasnya tapi tanpa fitur wide angle.

Dari segi desain juga menarik meskipun perpaduan warna di efek gradasi yang ditampilkan sama sekali tidak baru. Di kelas menengah, realme 3 Pro menawarkan varian yang sedikit lebih mahal tapi menyajikan kapasitas RAM 6GB. Di harga tersebut, sayangnya belum tersedia NFC.

Spesifikasi               realme 3 Pro
Prosesor                 Qualcomm Snapdragon 710 AIE
GPU                        Adreno 616
OS                          Android 9.0 Pie/Color OS
RAM                       4GB/6GB
Memori Internal      64GB/128GB
Kamera                   Belakang 16+5MP, Depan 25MP
Baterai                    4.045 mAh
Layar                      6,3 inci 19,5:9 FullHD+
Harga                     Rp2.999.000 (4GB/64GB)
                               Rp3.699.000 (6GB/128GB)


RRN/MCI