KKM Tirta Wangi Ajak Warga Desa Sukahening Gotong Royong

Administrator - Rabu,28 Agustus 2019 - 13:03:12 wib
KKM Tirta Wangi Ajak Warga Desa Sukahening Gotong Royong

RADARRIAUNET.COM: KKM TIRTA WANGI dan Masyarakat Warga Desa Sukahening-Kp, Cihanyir, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, bergotong-royong menggali Saluran pipa(PAMSIMAS) untuk mengalirkan air bersih ke rumah mereka. Air bersih diambilkan dari Sumber Mata Air Cijauh-Kp Cihanyir .

Bendahara, Ketua BUMDES,Kawil beserta Satlak Desa Sukahening turut hadir, Asep sebagai Satlak mengatakan,Kegiatan gotong royong ini adalah bentuk kerjasama KKM yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan Kegiatan PAMSIMAS untuk mendapatkan air bersih," katanya, Senin(26/08/2019)

Warga merasakan kemudahan air bersih setelah adanya Program Pamsimas.Penampung air bersih sebelum didistribusikan ke masing-masing rumah warga. Pipanisasi ini diklaim mampu memenuhi kebutuhan 170 kepala keluarga bahakan lebih.

"Ke depan tinggal memasang Pipa Skunder ke masing masing rumah warga. kata Asep.

Wilayah Kp Cihanyir sebenarnya memiliki aliran sumber mata air yang cukup memadai. Namun, warga setempat terkendala mengalirkan airnya ke permukiman karena lokasinya berada dalam lebatan pepohonan bawah tanah. Salah satu cara adalah dengan mengangkat air melalui pipanisasi.

"Di sini kita bantu pemenuhan kebutuhan air melalui pipanisasi dengan jangkauan yangnluas . Itu dikerjakan warga dengan sistem gotong-royong," tuturnya.

Menurut Yaya selaku KKM TIRTA WANGI fungsi yang paling utama dari penyediaan air bersih adalah untuk menjaga kelangsungan hidup.

"Kami turut terpanggil dalam kegiatan kemanusiaan untuk membantu warga yang terdampak kekeringan karena kepedulian kami terhadap aspek kualitas kesehatan masyarakat," katanya.
 

RRN/MARTIN