Penyertaan Tuhan

Administrator - Rabu,21 Agustus 2019 - 12:53:42 wib
Penyertaan Tuhan
clipart.email pic

1 Samuel 17:1-39


Ketika badai kehidupan datang menerpa, kita bisa menjadi putus asa. Jalan terasa buntu. Lorong kegelapan menjadi begitu panjang dan titik terang tak kunjung tiba.

Tentara Israel diperhadapkan lagi dengan tentara Filistin yang terus menggalang kekuatannya untuk berperang (1-3). Tentara Filistin memberikan kejutan baru dengan menampilkan Goliat (4).

Ia mempunyai postur yang begitu tinggi dan memakai peralatan perang yang luar biasa (4-7). Goliat menantang dan mencemooh tentara Israel (8-10, 25). Hal ini membuat Saul dan segenap orang Israel ketakutan (11). Di tengah kemelut itu, muncullah Daud yang dengan berani berkata pada Saul untuk tidak tawar hati akan Goliat.Ia akan pergi melawannya (32).

Mana mungkin Daud yang masih muda, seorang gembala dan tidak mempunyai pengalaman perang, akan sanggup mengalahkan Goliat yang gagah perkasa dan ahli dalam berperang (33)? Bahkan Eliab, kakak tertua Daud, tidak senang dengan kehadiran Daud di sana (28).


Apakah Daud bermimpi bahwa ia akan sanggup mengalahkan Goliat?

Lihatlah, ketika orang Israel lari ketakutan saat melihat Goliat (24), Daud berlaku sebaliknya! Daud tidak sedang bermimpi atau berkhayal kosong.

Sejak awal, ia berkeyakinan penuh akan penyertaan Tuhan dan tentara Filistin tidak akan sanggup mengalahkan Allah yang hidup (26). Penyertaan Allah yang nyata telah dilihat dan dirasakannya saat ia menggembalakan dan melindungi kambing domba ayahnya dari serangan binatang buas di padang luas (34-37).

Ternyata, Daud sangat berpengalaman dalam iman untuk bergantung kepada Allah.

Bagaimana sikap kita menghadapi badai kehidupan? Mari meneladan Daud yang beriman bahwa pimpinan Allah besar dan nyata dalam kehidupan anak-anakNya (Ibr.13:5-6).

Maju terus dalam iman untuk mengalahkan rintangan dan masalah yang ada di depan kita karena Allah berpihak kepada orang yang beriman.


Doa: Tuhan, kuatkanlah kami senantiasa dalam menghadapi setiap badai kehidupan dalam iman akan penyertaan-Mu.


RRN/Rud




Berita Terkait