Layanan Uji Emisi, Bisa Manfaatkan Bengkel Resmi

Administrator - Kamis,15 Agustus 2019 - 14:26:08 wib
Layanan Uji Emisi, Bisa Manfaatkan Bengkel Resmi
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan aplikasi Uji Emisi Elektronik (e-Uji Emisi), Selasa, 13 Agustus 2019.medcom.id pic

Jakarta: Pemerintah DKI memperketat regulasi terhadap kendaraan-kendaraan penumpang dengan berbagai cara. Salah satunya dengan cara uji emisi yang kini disempurnakan dengan aplikasi bernama e-uji emisi.

Bagi yang ingin melakukan uji emisi mobil kesayangannya, tidak perlu bingung karena bisa dilakukan di beberapa bengkel resmi. Untuk beberapa bengkel resmi yang cukup besar, sudah dilengkapi dengan fasilitas uji emisi ketika konsumen minta untuk dilakukan uji emisi.

Product technology of Training Team PT Sokonindo Automobile, Sugihartono, mengakui beberapa bengkel DFSK sudah memiliki fasilitas uji emisi di bengkel resmi. Dia juga menjelaskan bahwa konsumen yang ingin melakukan uji emisi, bisa datang ke bengkel-bengkel DFSK yang sudah dilengkapi fasilitas uji emisi.

"Salah satu bengkel resmi yang sudah ada yakni di DFSK Tangerang, selebihnya nanti saya cek lagi data kami. Selama ini uji emisi kami gabungkan dengan proses perawatan berkala, jadi satu paket dan tidak dikenakan biaya tambahan, tapi akan dikenakan biaya apabila uji emisi itu permintaan dari konsumen di luar perawatan berkala," ungkap Sugihartono seperti sitat Medcom.id, Kamis (15/8/2019).

Service Dept Head 2W, 4W, dan Marine PT Suzuki Indomobil Sales, Riecky Patrayudha, juga mempersilahkan konsumen Suzuki yang ingin melakukan uji emisi ke bengkel resmi yang sudah dilengkapi dengan fasilitas uji emisi. Dia menjelaskan untuk beberapa dealer Suzuki di Jakarta sudah memiliki fasilitas tersebut.


"Saya harus check dulu data yang terakhir (bengkel dengan fasilitas uji emisi). Kalau lihat di daftar bengkelnya(aplikasi e-uji emisi), sebagian besar bengkel Suzuki sudah terdaftar di list tersebut dan tersertifikasi," tulis Riecky Patrayudha seperti sitat Medcom.id, Kamis (15/8/2019).

Namun untuk urusan integrasi data uji emisi konsumen Suzuki ke aplikasi e-uji emisi hingga saat ini belum ada. Hingga saat ini merek asal Jepang ini akui masih melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub).

"Siang nanti perwakilan bengkel uji emisi juga diundang untuk berkoordinasi dengan Dishub DKI Jakarta, kemungkinan salah satu agendanya adalah mengenai hal ini (e-uji emisi)," pungkasnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan aplikasi bernama e-uji emisi yang memungkinkan masyarakat mengecek status emisi kendaraan secara daring. Data aplikasi berbasis android itu terintegrasi dengan sejumlah data kendaraan yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pemilik kendaraan yang tak lolos uji emisi akan kesulitan membayar dan memperpanjang pajak kendaraannya. Anies berharap langkah ini dapat meningkatkan kualitas udara Jakarta. yang akhir-akhir ini sangat buruk kualitasnya.


RRN/MC