HUT Ke-62 Riau, Ini Pesan Mantan Gubernur Riau kepada Syamsuar-Edy

Administrator - Jumat,09 Agustus 2019 - 11:50:32 wib
HUT Ke-62 Riau, Ini Pesan Mantan Gubernur Riau kepada Syamsuar-Edy
Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution (kanan) menyalami mantan Gubernur Riau Saleh Djasit.cakaplah.com pic

PEKANBARU : Pada momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Provinsi Riau, banyak harapan yang disematkan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Syamsuar-Edy Natar Nasution untuk kemajuan Riau.

Seperti disampaikan mantan gubernur Riau, Saleh Djasit. Ia berharap agar pemerintah provinsi Riau di bawah kepemimpinan Syamsuar-Edy dapat mewujudkan visi misi Riau 2025.

"Terwujud Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan Melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis, sejahtera lahir dan batin di Asia Tenggara tahun 2025," ujarnya seperti sitat cakaplah.com, Jumat (9/8/2019).

Menurutnya, visi tersebut saat ini belum nampak untuk di Asia Tenggara. Meski begitu, untuk di Indonesia bagian barat ekonomi Riau sudah ada kemajuan dari tahun ke tahun.

"Walaupun belum bisa ke Asia Tenggara, tapi ekonomi kita sudah bertahap menampakkan kemajuan yang berarti. Kita berharap ini harus menjadi fokus gubernur saat ini, karena Riau punya puluang untuk maju lebih pesat lagi," ujarnya.

Apalagi sebut dia, Riau memiliki potensi lahan pertanian dan perkebunan seperti sawit, karet, sagu dan lainnya.


"Potensi kita itu baru 30-40 persen yang baru digali, artinya masih ada 60-70 persen yang bisa gali. Karena kita juga punya potensi pariwisata dan ekonomi kreatif. Sehingga peluang Riau untuk melangka lebih maju kedepan sangat besar sekali," cakapnya.

Mantan bupati Kampar ini juga mengingatkan soal pekerjaan rumah yang mesti dituntaskan Syamsuar-Edy, yakni masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Karhutla sesuatu yang harus diselesaikan. Karena kebakaran ini sudah merupakan kebiasaan setiap tahunnya. Tapi persoalan Karhutla sudah banyak menurun, kita harap ini bisa diminimalisir dan bisa dihilangkan," tukasnya.

Sementara itu, mantan Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim juga berharap Syamsuar bisa mewujudkan visi misi Riau 2025 yang masih tersisa enam tahun lagi.

"Jadi kepala daerah yang baru (Gubernur Riau Syamsuar) silahkan kembangkan visi misi itu lima tahun kedepan," harapnya.

"Kalau kami yang sudah lewat ini hanya bisa mendoakan. Kemudian gubernur yang sedang berlangsung kami harap bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya,"


RRN/CKP