Tak Pakai Intel, Laptop Anyar Samsung Pakai Snapdragon

Administrator - Kamis,08 Agustus 2019 - 16:22:07 wib
Tak Pakai Intel, Laptop Anyar Samsung Pakai Snapdragon
Ilustrasi.cnni pic

Jakarta : Samsung Electronics merilis perangkat laptop terbaru, Galaxy Book S. Laptop dengan sistem operasi Windows 10 ini bukan menggunakan chipset Intel, melainkan ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 8cx. Sehingga, laptop ini diklaim punya daya tahan baterai lebih lama yang bisa bertahan hingga 23 jam.

 

Snapdragon 8cx sendiri telah diumumkan Qualcomm akhir tahun lalu. Berbeda dengan chipset smartphone yang disematkan di laptop sebelumnya, kali ini Qualcomm benar-benar merancang arsitektur ARM agar berjalan di PC. Chipset ini merupakan cip 7nm pertama yang digunakan untuk PC.

Galaxy Book S juga menawarkan konektivitas gigabit LTE 2Gbps dan didukung oleh Windows 10 serta desain perangkat premium.

"Galaxy Book S menggabungkan fitur mobilitas terbaik yang ditawarkan Samsung dengan solusi produktivitas terkemuka Microsoft dan kemampuan kinerja Qualcomm Technologies untuk menghadirkan pengalaman produktivitas seluler terbaik yang tersedia di perangkat ponsel saat ini," tulis Presiden dan CEO Divisi Komunikasi IT & Mobile DJ Koh seperti sitat CNN Indonesia.

Samsung menyediakan dukungan gigabit LTE, dengan menyediakan slot kartu SIM. Namun, ketersediaan laptop yang dilengkapi slot SIM ini bervariasi pada tiap negara.


Beralih ke sisi desain, Samsung merancang Galaxy Book S dengan layar sentuh dan bodi laptop sangat ramping serta lengkungan di sudut layar laptop. Selain itu, berat laptop ini hanya 0,96 kilogram.

Dibuat dengan bingkai alumunium anodized premium, bodi Galaxy Book S diperkuat oleh proses anodisasi. Ini adalah cara untuk melindungi proses korosi pada benda kerja yang berbahan aluminium). Layar laptop berukuran 13,3 inci dan hadir dengan 10 titik multi sentuh yang memungkinkan pengguna untuk memperbesar, mengontrol perangkat dengan sentuhan jari.

Menilik sisi performa, dibanding Galaxy Book 2 yang menggunakan Snapdragon 850, Snapdragon 8cx punya kinerja CPU 40 persen lebih besar, kinerja grafis hingga 80 persen, dan bandwidth memori lebih besar.

Prosesor ini juga dirancang agar bisa bekerja tanpa pendingin tambahan seperti kipas. Sehingga laptop ini lebih tenang dan dingin. Laptop ini juga mempunyai penyimpanan memori yang dapat diperluas hingga 1TB.

Samsung meluncurkan seri Samsung Galaxy Note 10, yakni Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ di Barclays Center, Brooklyn, New York pada Rabu (7/8/2019) atau Kamis (8/8/2019) dini hari.


RRN/CNNI