Rossi Keluhkan Kondisi Aneh di MotoGP Ceko 2019

Administrator - Senin,05 Agustus 2019 - 12:49:40 wib
Rossi Keluhkan Kondisi Aneh di MotoGP Ceko 2019
Valentino Rossi sempat mempertanyakan kemungkinan pengunduran waktu balap MotoGP Ceko 2019. cnni pic

Jakarta : Valentino Rossi mengeluhkan kondisi aneh pada lintasan di Sirkuit Brno yang membahayakan keselamatan pebalap jelang balapan MotoGP Ceko 2019, Minggu (4/8/2019).

Rossi sempat terlihat berbincang serius dengan CEO Dorna, operator balapan MotoGP, Carmelo Ezpeleta lantaran kondisi sirkuit yang belum benar-benar kering jelang start MotoGP Ceko 2019.

"Ini ada sesuatu yang sangat aneh, karena lintasan di tikungan pertama dan terakhir benar-benar basah. Tetapi semua orang menggunakan ban licin pada saat start karena seluruh bagian lintasan lainnya sudah kering," jelas Rossi usai balapan seperti sitat CNN Indonesia.

Dengan menggunakan ban licin atau yang dikenal juga dengan ban slick, Rossi menilai hal tersebut bisa membahayakan pebalap lantaran jenis ban tanpa alur tersebut cocok digunakan di lintasan kering dan dapat mengundang bahaya jika digunakan di lintasan basah.

"Jadi buat saya, karena semua orang menggunakan ban licin, itu akan sangat-sangat berbahaya jika kami bersama-sama berada di tikungan pertama, khususnya pada saat start, dalam kondisi lintasan yang basahnya rata," ucap Rossi.


"Bagi saya ini adalah hal paling berbahaya yang bisa Anda lakukan. Jadi saya mempertanyakan kemungkinan penundaan balapan, dan saya pikir itu adalah pilihan yang tepat karena pada akhirnya balapan yang sesungguhnya di atas lintasan kering," sambungnya.

Rossi Keluhkan Kondisi Aneh di MotoGP Ceko 2019
Pada MotoGP Ceko 2019 Rossi finis berada di peringkat keenam. Capaian tersebut merupakan yang terbaik diraih pebalap gaek tersebut sejak gagal finis di MotoGP Italia atau dalam lima balapan terakhir.

Kendati mengalami perbaikan hasil balapan, posisi Rossi di klasemen pebalap masih terpaku di peringkat keenam. Rossi kini mengumpulkan 90 poin atau tertinggal satu poin dari rekan satu tim, Maverick Vinales.

Rossi pun tertinggal 120 poin dari Marquez yang menjadi pemimpin klasemen dan sukses menjadi juara di MotoGP Ceko 2019.

Selanjutnya Rossi dan pebalap MotoGP lainnya akan kembali turun mengaspal di MotoGP Austria yang berlangsung 11 Agustus.


RRN/CNNI