Toyota Tes Prius yang Sanggup 'Sedot' Energi Matahari

Administrator - Selasa,16 Juli 2019 - 15:24:28 wib
Toyota Tes Prius yang Sanggup 'Sedot' Energi Matahari
Toyota Prius dengan sistem panel surya. cnni pic

Jakarta : Toyota lagi memikirkan cara membuat mobil ramah lingkungan terlaris mereka, Prius, bisa lebih 'hijau' lagi. Salah satu inovasinya dengan menempelkan sistem panel sel surya pada Prius yang menghasilkan energi tambahan untuk menambah jarak tempuh.

Disitat CNN Indonesia, Toyota sudah membuat mobil konsep Prius seperti itu dan sudah mulai diuji di jalanan umum Jepang pada bulan ini.

Sel surya pada Prius ditempatkan di seluruh area atas bodi kecuali kaca depan. Tebal sel surya cuma 0,03 mm, sangat tipis hingga mampu ditempel mengikuti lekuk bodi Prius.

Kaca belakang ikut tertutup untuk memaksimalkan sel surya namun disadari menutup pandangan, Toyota bilang pengemudi bisa memantau area belakang menggunakan kamera parkir saat mundur.

Menurut Toyota, data yang didapat dari pengetesan ini meliputi jumlah energi yang dikumpulkan modul sel surya dan energi yang digunakan untuk mengecas baterai.


Data itu bisa membantu pengembangan sistem pengecasan baterai mobil berbasis energi matahar. Meski demikian data bukan cuma dipegang sendiri oleh Toyota melainkan juga dibagikan ke Sharp dan lembaga inisiatif pemerintah Jepang bernama New Energy and Industrial Technology Development Organization.

Beda seperti Prius biasa yang baterainya cuma bisa dicas saat parkir, sel surya bikin Prius bisa mendapatkan energi saat dikemudikan. Menurut Toyota, sel surya pada Prius memiliki efisiensi konversi melebihi 34 persen

Toyota Prius sebenarnya sudah memiliki sel surya, namun mobil konsep ini kemampuannya lebih baik. Prius konvensional menghasilkan sekitar 180 watt saat parkir yang bisa digunakan mengemudi sejauh 6,5 km hanya menggunakan baterai.

Sistem baru sanggup menghasilkan 860 watt atau hampir lima kali lipat, ini cukup untuk menempuh 45 km saat parkir atau 56 km bila dicas sambil dikemudikan.

Toyota tidak menyebut harapan dan target dari pengetesan ini, namun disadari sel surya pada mobil merupakan salah satu teknologi energi alternatif untuk kendaraan yang tidak menutup kemungkinan dipakai pada masa depan.


RRN/CNNI