Lolos SBMPTN Unri, Ini yang Harus Diperhatikan Calon Mahasiswa

Administrator - Kamis,11 Juli 2019 - 16:51:47 wib
Lolos SBMPTN Unri, Ini yang Harus Diperhatikan Calon Mahasiswa
cakaplah.com pic

Pekanbaru : Pada tahun ajaran 2019/2020, Universitas Riau (Unri) melakukan penerimaan mahasiswa baru sebanyak 2.642 orang melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Dari kuota tersebut, ada 27.008 orang peserta SBMPTN yang memperebutkannya.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Koordinator Sistem dan Database Verifikasi dan Validasi mahasiswa baru jalur SBMPTN, Nurfatihayati. Disampaikannya bahwa jumlah tersebur memperebutkan formasi dari berbagai jurusan yang ada di Unri.

“Untuk pengumuman SBMPTN sudah dapat diakses sejak Selasa di pengumuman.sbmptn.ac.id," sebutnya seperti sitat cakaplah.com, Kamis (11/7/2019).

Bagi semua peserta yang dinyatakan lolos dalam seleksi SBMPTN, akan menjadi salah satu calon mahasiswa Unri. Peserta harus melakukan tahapan-tahapan tertentu dengan jadwal registrasi mulai 10-13 Juli 2019.


Untuk tahap pertama, peserta harus update biodata online calon mahasiswa baru. Calon mahasiswa Unri tahun ajaran 2019/2020 juga wajib melakukan pengisian biodata untuk kebutuhan Uang Kuliah Tunggal (UKT) disertai mencetak dokumen syarat registrasi ulang.

"Perhatikan semua informasi yang disampaikan, kemudian isi semua formulir yang disiapkan hingga mendapat jadwal pemeriksaan kesehatan," sebut Nurfatihayati.

Kedua, pembayaran biaya pendidikan (UKT) calon mahasiswa baru diminta untuk membayar Biaya Pendidikan mulai tanggal 10-13 Juli 2019 melalui salah satu bank yang ditunjuk. Bank tersebut yakni BNI, BTN, dan BRI Syariah.

Ketiga, tes kesehatan mahasiswa baru diwajibkan untuk memeriksa kesehatan dimana terdiri dari tes bebas narkoba dan tes buta warna mulai tanggal 10-13 Juli 2019 di Rumah Sakit Universitas Riau Kampus Bina Widya Panam.

“Untuk tes kesehatan berdasarkan nomor urut yang dapat diperoleh di laman pendaftaran ulang website Unri," kata Nurfatihayati.


Keempat, Registrasi Akademik untuk menjadi mahasiswa baru, calon mahasiswa baru harus melakukan tahapan registrasi pada jadwal yang telah ditentukan untuk masing-masing program pendidikan,” jelas Nurfatihayati.

Lebih lanjut, registrasi ini harus dilakukan dan dihadiri secara langsung oleh calon mahasiswa baru. Artinya tidak dapat diwakilkan oleh siapa pun. Registrasi akan dibuka 4 hari yaitu 10-13 Juli 2019, dengan berdasarkan nomor urut yang telah ditetapkan dan dapat di peroleh di tautan pendaftaranulang.unri.ac.id.

Kelima, mahasiswa yang telah dinyatakan lolos verfikasi data daftar ulang wajib mengikuti upacara penyerahan mahasiswa dari rektor ke fakultas masing-masing. Selain itu mahasiswa baru juga harus mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Unri tahun ajaran 2019/2020 dengan jadwal 5-6 Agustus 2019.

"Jika calon mahasiswa baru masih memiliki pertanyaan lebih lanjut dapat mengakses website unri.ac.id atau menghubungi panitia penerimaan mahasiswa baru Unri, via telepon dengan nomor kontak 0761 63272,” ujar Nurfatihayati.


RRN/CKP