Pemprov Riau dan PT RAPP Tampil di Pekan LHK 2019

Administrator - Kamis,11 Juli 2019 - 16:05:36 wib
Pemprov Riau dan PT RAPP Tampil di Pekan LHK 2019
Gedung Bank Sampah Riau Kompleks yang dikelola Karyawan RAPP, di Pangkalan Kerinci.

PEKANBARU : Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PLHK) ke-23 tahun 2019 Kamis (11/7/2019) kembali digelar. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau bersama Dunia Usaha tampil di Pameran Lingkungan terbesar di Indonesia ini, yang berlangsung selama tiga hari, 11-13 Juli 2019 di Hall Cendrawasih Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau, Ervin Rizaldi, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Riau turut berperan serta dalam PLHK ini setiap tahun, dan mendukung penuh program pengelolaan sampah. Pemprov Riau juga turut menggandeng dunia usaha yang berkomitmen dalam pengelolaan sampah melalui program Bank Sampah, salah satunya PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dengan nama Bank Sampah Riau Kompleks.

"Kita hadir di pameran kali ini mengusung program persampahan melalui metode Bank Sampah Pemprov Riau yang secara aktif kita sosialisasikan kepada masyarakat dengan langsung turun ke daerah-daerah di Riau. Jadi kita berharap Bank Sampah ini dapat bermanfaat dan berjalan dengan baik sehingga memberi nilai ekonomis juga bagi masyarakat, selain menjaga kebersihan lingkungan sesuai tema PLHK, Biru Langitku Hijau Bumiku, Lingkungan Bersih Bebas Sampah," ujar Ervin seperti sitat cakaplah.com, Kamis (11/7/2019).


Senior External Relations PT RAPP, Juwendi Jamal, mengatakan, pihaknya rutin berpartisipasi dalam PLHK ini bersama Pemprov Riau sebagai wujud komitmen perusahaan terhadap lingkungan dan kehutanan. Kali ini RAPP menampilkan pengelolaan sampah dengan program kerajinan daur ulang sebagai salah satu program unggulan perusahaan. Diharapkan keberadaan sampah bisa menjadi berkah sehingga berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat.

"Ini wujud komitmen RAPP dalam menjaga lingkungan, salah satunya melalui Bank Sampah yang di dalamnya ada kerajinan daur ulang dan dibina oleh karyawan RAPP," ujar Juwendi.

Sebagaimana diketahui, Dinas LHK Provinsi Riau bersama mitra usahanya berhasil meraih Juara I stan terbaik pada tahun 2017 lalu, dan menjadi Juara Harapan I tahun 2018. Ditargetkan, pada PLHK tahun 2019 ini, stan Pemprov Riau minimal masuk nominasi tiga besar, atau menjadi Juara Umum.

Pameran ini menjadi pameran lingkungan hidup dan kehutanan terbesar sejak tahun 2009 yang konsisten menampilkan berbagai potensi sektor kehutanan, pengelolaan lingkungan hidup, pemanfaatan kawasan dan pelestarian hutan, industri kehutanan, produk hasil hutan, hingga industri dan teknologi pengelolaan limbah termasuk bank sampah.


RRN/CKP