Gigi Transmisi Pindah Sendiri, 100 Ribu Jeep Ditarik

Administrator - Rabu,10 Juli 2019 - 16:20:51 wib
Gigi Transmisi Pindah Sendiri, 100 Ribu Jeep Ditarik
Ilustrasi. cnni pic

Jakarta : Fiat Chrysler Automobiles (FCA) mengumumkan menarik lebih dari 100 ribu Jeep Cherokee yang dilengkapi dengan transmisi otomatis sembilan percepatan yang dipasok produsen komponen ZF. Mobil Jeep yang terkena imbas dan harus di-recall dipastikan di seluruh penjuru dunia.

Disitat CNN Indonesia, Rabu (10/7/2019), ihwal penarikan ini imbas dari kerusakan transmisi otomatis ZF yang disebut secara tiba-tiba bisa kembali ke posisi netral saat mobil bergerak.

FCA menjelaskan model yang masuk dalam daftar recall adalah Cherokee model year 2014 yang dilengkapi dengan mesin V6 3.200 cc.

Dari model Jeep Cherokee 2014 yang terlibat dalam penarikan ini, sekitar 83.000 unit berada di Amerika Serikat, dan sebanyak 17.530 unit berada di tangan konsumen yang berdomisili di Kanada, Meksiko, dan Eropa.


Kerusakan sejenis dilaporkan sudah pernah terjadi pada 2013. Pada saat itu para pemilik Jeep Cherokee dan model lainnya dilaporkan mengeluhkan berbagai masalah transmisi.

Untuk mengantisipasinya perusahaan telah melakukan 11 perbaikan sampai seting perangkat lunak untuk model yang menggunakan transmisi serupa. Masalah-masalah yang muncul meliputi perpindahan gigi transmisi yang lambat, gigi yang macet, respons throttle yang lamban, perpindahan gigi yang kasar diberitakan Car and Driver.

Bagi FCA masalah pada transmisi otomatis sembilan kecepatan buatan ZF sudah lumrah. Karena itu perusahaan akan mengevaluasi transmisi ZF demi kenyamanan konsumen.

FCA mengklaim baru memperbaiki 3 persen dari seluruh kendaraan Jeep dengan transmisi yang rusak. Beruntung sampai saat ini FCA belum menerima laporan cedera atau kematian yang disebabkan kerusakan transmisi.


RRN/CNNI