Spotify Versi 'Ringan' untuk Ponsel Android di Indonesia

Administrator - Rabu,10 Juli 2019 - 16:06:51 wib
Spotify Versi 'Ringan' untuk Ponsel Android di Indonesia
Ilustrasi. cnni pic

Jakarta : Aplikasi Spotify Lite resmi dirilis serentak untuk pengguna Android di 36 negara termasuk Indonesia. Aplikasi ini dirancang untuk bekerja pada perangkat ponsel yang memiliki penyimpanan terbatas.

"Spotify Lite dibangun berdasarkan umpan balik pengguna dari seluruh dunia, yang memungkinkan jutaan pengguna lebih untuk menikmati pengalaman musik terutama di daerah dengan bandwidth terbatas dan penyimpanan ponsel yang terbatas pula," kata Senior Product Manager Kalle Persson dikutip dari laman resmi Spotify seperti sitat CNN Indonesia.

"Anda dapat dengan mudah mengontrol data dan penyimpanan memori, hanya 10MB. Spotify Lite juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menetapkan batas data dan Anda akan mendapatkan notifikasi saat melampaui batas."

Spotify Lite tersedia untuk perangkat Android yang menjalankan sistem operasi Jelly Bean 4.3, aplikasi ini juga terbuka untuk pengguna yang tidak berlangganan dan premium.

Selain itu, perusahaan mengklaim bahwa 90 persen fitur aplikasi utama yang tersedia versi Lite seperti video dan sampul album dihilangkan.


Disitat CNN Indonesia, Juru Bicara Spotify mengungkap saat ini pihaknya tidak memiliki rencana untuk membawa pengalaman Spotify Lite ke perangkat iOS. Sebab, mayoritas pengguna Android menggunakan Spotify.

Sebelumnya, Spotify Lite diluncurkan pertama kali di India pada Juni lalu. Perusahaan disebut ingin berfokus pada pasar negara berkembang atau pengguna yang lebih tua.

Aplikasi versi Lite ini sekarang merupakan cara umum untuk menjangkau pengguna di India. Seperti Google yang menawarkan beberapa aplikasi ringan seperti Google Go, Gmail Go, Files Go, Youtube Go, Google Maps Go, dan Google Assitant Go.

Sejumlah platform sosial media pun tak mau ketinggalan, ada Facebook Lite, Instagram Lite, Messenger Lite, Twitter Lite, Uber Lite, TikTok Lite dan Tinder Lite.

Spotify juga mengklaim telah mencapai 217 juta pengguna, 100 juta pengguna di antaranya adalah premium atau berlangganan.


RRN/CNNI