Pemain Asing Baru Persib Antusias Naik Barracuda

Administrator - Rabu,10 Juli 2019 - 14:40:28 wib
Pemain Asing Baru Persib Antusias Naik Barracuda
Pemain Persija Jakarta dan Persib Bandung terbiasa memakai barracuda saat bertindak sebagai tim tamu. cnni pic

Jakarta : Para pemain Persib Bandung diangkut menggunakan kendaraan taktis alias barracuda saat dijamu Persija Jakarta pada pekan kedelapan Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Karo Ops Polda Metro Jaya, Slamet Hadi Supraptoyo, mengungkapkan tiga unit barracuda telah disiapkan untuk mengangkut para pemain Persib dari hotel tempat mereka menginap.

Pengamanan dengan menggunakan barracuda itu sudah mulai dilakukan saat latihan resmi di SUGBK pada Selasa (9/7/2019) sore. Sesuai informasi dari pihak Polda Metro, ada tiga kendaraan taktis yang mengangkut Supardi Nasir dan kawan-kawan.

Kendaraan lapis baja itu membawa pemain Persib dari hotel tempat mereka menginap ke SUGBK dan membawa mereka kembali dari stadion ke hotel tim. Hal ini akan berlaku sejak H-1 hingga hari H pertandingan.

"Itu protap [prosedur tetap]. Protap itu harus dilaksanakan, bukan hal baru," kata Slamet usai rapat koordinasi di Gedung Promoter Polda Metro Jaya pada Senin (8/7/2019).


Dari pantauan CNNIndonesia.com, dua pemain asing baru Persib  Arthur Gevorkyan dan Rene Mihelic tampak antusias diangkut menggunakan kendaraan taktis yang akan membawa mereka kembali ke hotel setelah sesi latihan resmi tim, Selasa (9/7/2019).

Keduanya tampak foto bersama untuk mengabadikan momen yang sepertinya hanya ada di Indonesia. Bahkan di Instastories akun pribadinya, Mihelic, mengunggah video saat para pemain Persib diangkut menggunakan kendaraan taktis dari hotel tim.

"Pergi menuju tempat latihan sebelum pertandingan derby," tulis Mihelic di Instastories tersebut.

Memakai kendaraan taktis ke tempat pertandingan bukan hal baru bagi pemain Persija dan Persib. Hal itu sudah berlangsung sejak 2008 lalu atau saat kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air masih bernama Indonesia Super League.

Saat Persija tandang ke Bandung seluruh pemain tim ibu kota diangkut menggunakan barracuda. Hal yang sama juga berlaku untuk Persib saat dijamu Persija saat pertandingan berlangsung di SUGBK.


Pemakaian barracuda ini dimaksudkan agar para pemain Persija maupun Persib aman dari kejadian buruk. Maklum, rombongan tim kerap mendapat perlakukan tidak menyenangkan seperti pelemparan batu maupun benda keras lainnya.

Satu di antara contohnya adalah peristiwa pelemparan batu dan bom molotov bus Persib yang baru saja keluar dari Hotel Kartika Chandra oleh oknum suporter Persija tahun 2013 lalu. Akibatnya, bus Persib langsung masuk ke tol dan batal menuju venue pertandingan di SUGBK. Pertandingan kedua tim pun akhirnya ditunda sesuai keputusan yang diambil operator kompetisi, PT Liga Indonesia.

Bagi pemain Persib, memakai kendaraan taktis saat dijamu Persija merupakan yang pertama sejak tahun 2014. Kala itu, para penggawa Pangeran Biru diangkut menggunakan barracuda hingga ke lintasan atletik stadion berkapasitas 75 ribu penonton tersebut.

Namun demikian, pengalaman terakhir pemain Persib menggunakan barracuda terjadi2015 saat berlangsungnya final Piala Presiden. Tim yang saat itu diarsiteki Djadjang Nurdjaman diangkut menggunakan kendaraan taktis untuk melawan Sriwijaya FC yang berlangsung di SUGBK.


RRN/CNNI