Mengenang Korban Meninggal di Persija vs Persib

Administrator - Rabu,10 Juli 2019 - 14:16:25 wib
Mengenang Korban Meninggal di Persija vs Persib
Mengenang korban nyawa akibat perseteruan suporter Persija Jakarta dan Persib Bandung. cnni pic

Jakarta : Jelang laga Persija Jakarta vs Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (10/7/2019), Bobotoh dilarang hadir. Itu dilakukan untuk mencegah terjadinya bentrok yang dikhawatirkan pada korban jiwa.

Sepanjang sejarah rivalitas suporter Persija dengan Persib, tak jarang menimbulkan korban nyawa. Total, enam nama tercatat meninggal sebagai korban pertikaian suporter sejak 2012.

Beberapa tahun belakangan, pihak kepolisian sudah mengeluarkan larangan hadir kepada suporter tim tamu. Suporter Persija, The Jakmania dilarang datang ke Bandung, begitu juga sebaliknya.

Meski demikian, masih ada suporter yang menyusup. Situasi ini kerap berujung maut.


Pada laga Persija melawan Maung Bandung di GBK, 27 Mei 2012, tiga Bobotoh menjadi korban. Adalah Rangga Cipta Nugraha, Lazuardi, dan Dani Maulana tewas usai dikeroyok di sekitar kawasan GBK.

Pada 2016, pertemuan Persija dan Persib yang digelar di Stadion Manahan, Solo kembali memakan korban jiwa. Adalah Harun Al Rasyid Lestaluhu, Jakmania yang tewas dikeroyok di daerah Cirebon.

Setahun berselang pertemuan dua tim 'Kota Tetangga' kembali bentrok di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Ricko Andrean Maulana tewas usai menjadi korban salah sasaran yang ikut dikeroyok oknum Bobotoh.

Mengenang Korban Nyawa di Laga Persija vs Persib
Padahal saat itu Ricko sedang berusaha untuk menolong suporter lain yang menjadi bulan-bulanan masa. Nahas, nyawa Ricko yang justru melayang.

Terakhir, yakni Haringga Sirla yang menjadi korban keenam pada perseteruan antara Jakmania dan Bobotoh. Haringga tewas di sekitar GBLA pada pertemuan Persib dengan Persija di musim kompetis Liga 1 pada 23 September 2018.


Meski sudah dilarang datang, Haringga nekat datang ke GBLA. Meski tak menggunakan atribut Persija, keberadaan Haringga diketahui sejumlah Bobotoh yang berujung maut.

Jelang pertemuan kedua tim di GBK, Rabu (10/7/2019), Sekretaris Umum Jakmania Diky Soemarno memperingatkan pihak kepolisian untuk tidak lalai mengawasi pergerakan suporter.

Fan Persib Bandung dilarang hadir di Stadion GBK.Fan Persib Bandung dilarang hadir di Stadion GBK. (AFP PHOTO/TIMUR MATAHARI)
Ia mengingatkan agar pihak kepolisian dapat mengantisipasi terjadinya korban jiwa dalam pertandingan tersebut.

Diky tidak ingin peristiwa suporter tewas terulang kembali di pertemuan kedua kesebelasan tersebut.

"Persija vs Persib yang lalu, Haringga meninggal di Stadion GBLA. Kami komitmen tidak terjadi lagi seperti itu," kata Diky.


RRN/CNNI