'Avengers: Endgame' Belum Bisa Tumbangkan 'Avatar'

Administrator - Rabu,03 Juli 2019 - 16:32:03 wib
'Avengers: Endgame' Belum Bisa Tumbangkan 'Avatar'
Upaya 'Avengers: Endgame' untuk menumbangkan 'Avatar' (2009) menjadi film terlaris sepanjang masa tampaknya masih belum membuahkan hasil. cnni pic

Jakarta : Upaya 'Avengers: Endgame' untuk menumbangkan 'Avatar' (2009) menjadi film terlaris sepanjang masa tampaknya masih belum membuahkan hasil. 'Avatar' masih bertahan di posisi puncak.

Berdasarkan data Box Office Mojo per 2 Juli 2019, 'Avengers: Endgame' genap mendapatkan pendapatan sebesar US$2,765 miliar setelah merilis ulang film tersebut yang dilengkapi dengan adegan tambahan.

Capaian itu masih tertinggal sebesar US$22,2 juta atau sekitar Rp313,8 miliar untuk menyaingi perolehan 'Avatar' (2009) yang mencapai US$2,787 miliar.

Padahal, 'Endgame' telah meniru jejak 'Avatar' ketika merilis ulang film tersebut pada pekan lalu. Sebelum merilis ulang, 'Endgame' tercatat memiliki pendapatan sebesar US$2,751 miliar.

Artinya, perilisan ulang dan peredaran film yang masih tayang hanya menghasilkan tambahan pendapatan sekitar US$14 juta atau sekitar Rp197 miliar kepada kelompok 'Avengers'.

Perolehan tersebut jelas lebih kecil dari target untuk menyaingi 'Avatar', yaitu US$36 juta pada saat itu.


Sumber dalam industri yang akrab mengenai box office kepada Hollywood Reporter mengatakan akan mustahil bagi 'Avengers: Endgame' untuk mengejar jarak film itu dengan 'Avatar' dalam waktu dekat.

Namun Hollywood Reporter menyebut, Marvel dan Disney merilis ulang 'Avengers: Endgame' bukanlah hanya bertujuan menggoyang posisi 'Avatar', melainkan untuk mengejar promosi film Marvel selanjutnya, 'Spider-Man: Far From Home'.

Hal ini terlihat dari ucapan bos Marvel, Kevin Feige yang memastikan ada kejutan dari 'Spidey' dalam perilisan ulang 'Avengers: Endgame'.

"Bila kalian bertahan dan menyaksikan filmnya, setelah kredit, akan ada adegan buangan, sedikit tribut, dan sejumlah kejutan, yang akan ada pada akhir pekan nanti," kata Feige sebelumnya seperti sitat CNN Indonesia.

Di sisi lain, upaya membalap Avatar ini disebut Entertainment Weekly tidak sepenuhnya kompetisi, mengingat kedua film terlaris ini sama-sama dimiliki oleh Disney usai rumah Mickey Mouse itu resmi mengakuisisi Fox pada Maret 2019.


RRN/CNNI