Ban yang Dinilai 'Aman' Lindas Ranjau Paku

Administrator - Kamis,27 Juni 2019 - 14:54:07 wib
Ban yang Dinilai 'Aman' Lindas Ranjau Paku
Ilustrasi. cnni pic

Jakarta : Pertimbangan seseorang saat memilih ban 'terbaik' salah satunya usia ban tahan lama dan meningkatkan kenyamanan mobil saat dikendarai. Setelah dua poin itu terpenuhi baru memikirkan tipe ban yang aman dari ranjau paku.

Dibandingkan ban tipe tube biasa, ban tubeless punya keunggulan karena tidak langsung bocor ketika tertuju benda tajam. Pabrikan ban kini banyak menyediakan tipe ban tubeless.

Pemakaian ban tubeless memang tidak 100 persen menjamin aman dari ranjau paku, namun setidaknya 'korban' tidak menghadapi kesulitan di jalan ketika ban tertusuk 'ranjau'.


Ban tubeless berbeda dari ban tipe tube, di mana ban ini tidak memerlukan ban dalam untuk menampung udara. Struktur ban ini membuat mereka hanya butuh ban, pelek serta pentil. Umumnya ban jenis ini hanya bisa digunakan pada pelek jenis racing. Pelek jari-jari bisa saja menggunakan ban tubeless, namun dengan teknik modifikasi.

Technical Service & Development FDR Tire Jimmy Handoyo mengatakan ban jenis itu juga yang aman digunakan harian maupun perjalanan jauh, terutama saat melintas di area 'terlarang' ranjau paku.

"Untuk penggunaan harian dari pabrikan ada ban tubeless. Ban ini yang cukup mumpuni untuk mengantisipasi ranjau paku karena ban tidak bocor langsung ditempat sehingga masih ada waktu untuk ke tempat tambal ban," kata Jimmy seperti sitat CNN Indonesiat, Kamis (27/6/2019).


Ban tubeless sudah banyak tersedia di pasaran dari berbagai merek dan bentuk. Harga yang ditawarkan pun beragam, tersedia dengan banderol Rp100 ribuan, hingga jutaan rupiah.

Ban jenis tubeless dijelaskan dia masih 'aman' digunakan meski dalam kondisi tertancap benda tajam. Terkait berapa lama ban mampu menahan angin saat tertancap paku, Jimmy tidak bisa memperkirakan, atau tergantung dari tingkat kerusakan ban.

Ia hanya menyarankan pengendara mobil atau motor sebaiknya segera pergi menambal ban selagi udara masih tersisa di dalam ban.

"Ban tetap masih bisa digunakan asalkan paku tidak langsung dilepas. Untuk berapa lamanya ini tergantung jenis pakunya. Tidak bisa distandarkan. Intinya kalau terkena paku langsung cari tambal ban representatif terdekat," ucapnya.

Jimmy menambahkan jika ban tubeless bocor karena sobek, sebaiknya diganti. Sebab kerusakan seperti itu dikhawatirkan memutus benang nilon yang berpengaruh pada konstruksi ban.


RRN/CNNI