Xiaomi Siapkan Ponsel dengan Kamera 64 Megapiksel

Administrator - Senin,24 Juni 2019 - 16:48:17 wib
Xiaomi Siapkan Ponsel dengan Kamera 64 Megapiksel
Ilustrasi. cnni pic

Jakarta : Xiaomi dikabarkan akan menyematkan sensor kamera 64 megapiksel pada perangkat ponsel berikutnya. Menurut Tech Radar, XDA Developer sebuah komunitas pengembang di China yang mengetahui kabar tersebut dari salah satu anggotanya yang menyadari bahwa terdapat mode kamera ultra piksel 64 megapiksel di aplikasi Kamera MIUI 10 terbaru.

Disitat CNN Indonesia, sensor kamera 48 megapiksel merupakan sensor terbesar yang digunakan oleh sejumah ponsel flagship seperti Redmi Note 7 Pro, OnePlus 7 Pro, ASUS ZenFone 6 dan ponsel Oppo terbaru yakni Oppo Reno 10x Zoom.

Sebelumnya, Samsung mengumumkan dua sensor kamera baru mereka yakni 48 megapiksel ISOCELL Bright GM2 dan 64 megapiksel ISOCELL Bright GW1.

Sensor gambar 64 megapiksel itu dibuat untuk meningkatkan sensor IMX586 Sony 48 megapiksel. Sensor ini dinilai cocok untuk ponsel flagship premium yang akan Samsung umumkan akhir tahun ini.

Banyak pihak yang memprediksi sensor gambar baru tersebut akan digunakan untuk mempersenjatai Samsung Galaxy Note 10. Sayangnya, sebuah informasi yang bocor ke publik mengungkap hal tersebut tidak akan terjadi.


Wakil Presiden Eksekutif Bisnis Sensor Samsung Electronics Yongin Park mengatakan bahwa dua sensor kamera terbaru mereka itu didukung dengan piksel berukuran 0,8 mikrometer.

ISOCELL Bright GW1 masuk dalam jajaran sensor 0,8 mikrometer Samsung. Sensor ini menggunakan teknologi tetracell dengan algoritma Remosaic.

Serupa dengan teknologi tetracell yang menggabungkan empat piksel 12 megapiksel menjadi sensor 48 megapiksel. Sensor 64 megapiksel ini juga menggabungkan empat piksel 16 megapiksel.

Dengan teknologi tetracell ini, GW1 dapat bisa menghasilkan dengan resolusi kamera 64 megapiksel ketika didukung oleh pencahayaan yang baik. Tapi, di lingkungan yang kurang cahaya bidikan kamera hanya menghasilkan gambar 16 megapiksel.

Sedangkan ISOCELL Bright GM2 merupakan sensor gambar sebesar 48 megapiksel yang mengadopsi teknologi Tetracell di dalam lingkungan cahaya yang rendah dan algoritma Remosaic. Sensor GM2 serupa dengan GW1 yang juga mengadopsi teknologi Dual Conversion Gain (DGC) dan Super PD untuk autofokus lebih cepat.


RRN/CNNI