Persiapan Sebelum Mendaki Gunung Fuji

Administrator - Selasa,18 Juni 2019 - 16:44:21 wib
Persiapan Sebelum Mendaki Gunung Fuji
Gunung Fuji. cnni pic

Jakarta : Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang yang terletak di sebelah barat Tokyo, tepatnya antara perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi.

Gunung ini sering dimasukkan dalam berbagai karya seni, sehingga popularitasnya pun meroket.

Tak heran jika gunung setinggi 3.776 mdpl ini kerap dikunjungi oleh pendaki maupun wisatawan.


Pada musim pendakian, Juli hingga Agustus, gunung ini dikunjungi oleh ratusan ribuan pendaki baik dari Jepang maupun berbagai belahan dunia lainnya.

Disitat CNN Indonesia, Selasa (18/6/2019), berikut adalah beberapa hal yang harus diketahui dan disiapkan sebelum mendaki Gunung Fuji.

Memilih rute pendakian
Setidaknya ada empat rute pendakian di Gunung Fuji yakni Kawaguchiko, Subashiri, Gotemba, dan Fujinomiya. Setiap rute memiliki kesulitan dan kemudahannya masing-masing.


Namun yang paling populer di antara keempat rute itu adalah Kawaguchiko karena banyak toko oleh-oleh di sini, sedangkan rute yang cocok dilalui oleh pendaki yang sudah ahli adalah Gotemba.

Hal yang patut diingat adalah mendaki melalui rute yang mana pun, pasti bisa mencapai puncak. Jika mendaki dengan santai maka akan makan waktu 4-8 jam, sedangkan untuk turun perlu waktu 2-4 jam.

Cuaca di Gunung Fuji
Hal yang harus diperhatikan sebelum mendaki adalah memperhatikan ramalan cuaca, karena cuaca di Gunung Fuji mudah berubah. Saat musim panas suhu di puncak biasanya 5-8 derajat lebih rendah daripada di bawah.


Mempersiapkan barang bawaan

Hal yang harus disiapkan untuk mendaki adalah air, makanan, dan peralatan penunjang seperti sepatu gunung, tas ransel, jaket, senter, dan lainnya.

Bila ingin mendaki bersama anak-anak, lebih baik membawa pengasuh atau babysitter karena jika memaksakan tanpa pengasuh maka perjalanan ini justru akan terasa sangat merepotkan.

Mendaki di luar musim pendakian
Saat musim pendakian, Gunung Fuji dipenuhi pondok-pondok kecil yang disediakan untuk para pendaki, namun pondokan itu berhenti beroperasi saat bukan musim pendakian karena angin kencang dan badai salju kerap terjadi.

Itu sebabnya, mendaki Gunung Fuji saat bukan musim pendakian tidak dianjurkan. Namun jika tetap ingin mendaki Gunung Fuji di luar musim pendakian, sebaiknya lapor dahulu ke kepolisian setempat.


RRN/CNNI