Sharp dan LG Relokasi Pabrik ke Indonesia

Administrator - Senin,17 Juni 2019 - 16:41:08 wib
Sharp dan LG Relokasi Pabrik ke Indonesia
Ilustrasi Sharp. cnni pic

Jakarta : Kementerian Perindustrian menyatakan Sharp dan LG merelokasi pabrik mereka di luar negeri ke Indonesia. Untuk Sharp, Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin Janu Suryanto mengatakan relokasi dilakukan atas pabrik mesin cuci dua tabung.

Relokasi dilakukan dari Thailand ke pabrik yang ada di Karawang Industrial City (KIIC). Rencananya peresmian pabrik hasil relokasi akan dilakukan bulan depan.

"Jadi, nanti ada penambahan lini produksi. Ini juga untuk pasar ekspor. Mereka akan menyerap ratusan tenaga kerja," dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, seperti sitat CNN Indonesia, Senin (17/6/2019).


Sementara itu LG, katanya, akan merelokasi pabrik pendingin ruangan mereka dari Vietnam ke fasilitas produksi yang ada di Legok, Tangerang.

Produksi di pabrik hasil relokasi tersebut akan mulai dilakukan pertengahan tahun ini.

"Mulai dipasarkan pada September ini sebanyak 25 ribu unit," katanya.

Ia mengatakan kapasitas produksi tersebut ditargetkan akan meningkat dua kali lipat pada tahun-tahun setelahnya. "Ya, paling tidak nanti bisa di ekspor (juga) ke ASEAN. Investasi Sharp dan LG sekitar ratusan miliar rupiah," imbuhnya.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan relokasi Sharp dan LG tersebut sebenarnya sudah dibahas lama dengan pemerintah Indonesia. Relokasi ke Indonesia dilakukan karena kedua industri berbasis elektronika tersebut telah memiliki basis produksi di Indonesia.


RRN/CNNI