Gubri akan Undang DPD dan DPR Terpilih Bahas Pembangunan Daerah

Administrator - Selasa,11 Juni 2019 - 16:50:17 wib
Gubri akan Undang DPD dan DPR Terpilih Bahas Pembangunan Daerah
Syamsuar. cakaplah.com pic

PEKANBARU : Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar berencana akan mengundang seluruh calon Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan (Dapil) Riau yang terpilih pada pemilihan legeslatif (Pileg) 2019, untuk membahas soal pembangunan Riau ke depan.

"Mungkin nanti kita undang DPD dan DPR terpilih yang berasal dari Riau silaturahmi, dalam rangka membahas program pembangunan Riau ke depan," kata Gubri Syamsuar seperti sitat CAKAPLAH.COM, Selasa (11/6/2019).

Dengan begitu, Gubri berharap para DPD dan DPR bisa membantu Riau memperjuangkan pembangunan daerah di tingkat pusat. Karena saat ini persoalan besar yang dibutuhkan Riau yakni berkaitan dengan Infrastruktur daerah. Untuk itu masalah infrastruktur ini butuh dorongan dari APBN.

"Ke depan kita harapkan bagaimana DPD dan DPR ini bisa memiliki bisa membantu daerah, sehingga apa yang kita usulkan di pusat dapat terealisasi," harapnya.


Sebab menurut Syamsuar, tanpa adanya dukungan APBN, Riau tidak akan mampu menyelesaikan persoalan infrastruktur yang ada di daerah, seperti jalan dan jembatan. Belum lagi soal pertanian, perkebunan dan banyak lagi.

"Sebab rakyat yang paling diharapkan jalan bagus. Kalau jalan bagus, ekonominya bagus. Kalau jalan buruk (rusak) maka hasil pertanian rakyat seperti sawit jatuh," ujarnya.

Gubri Syamsuar mengakui, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau sebesar Rp9,1 triliun tidak akan mampu menyelesaikan persoalan infrastruktur di Provinsi Riau.


"Tak usah 5 tahun, 10 tahun pun saya menjabat gubernur Riau kalau persoalan jalan tak selesai menyumpah orang, jadi gubernur jalan-jalan begitu-begitu juga (rusak). Saya sampaikan ini agar semua orang Riau tahu bahwa persoalan jalan ini bukan persoalan kecil, dan harus ada dukungan pusat membangun daerah," paparnya.

"Belum lagi jembatan, dermaga, pelabuhan dan sebagainya. Itu semua urat nadi perekonomian yang sangat dibutuhkan masyarakat," sambubgnya.

Untuk itu, Gubri harap persoalan daerah ini dapat digali DPD dan DPR di tingkat pusat, karena bagaimanapun Riau ini merupakan bagian dari Indonesia.

"Kalau daerah sejahtera, maka sejahteralah Indonesia. Maka saya mengajak mari kita sama-sama memperjuangkan aspirasi daerah ke pusat. Mungkin nanti kami yang menjamu, teman-teman DPD dan DPR yang tukang smash-nya," tukasnya.


RRN/CKP