3 Cara Ampuh Cegah Badan 'Lebar-an' Usai Lebaran

Administrator - Selasa,11 Juni 2019 - 12:58:23 wib
3 Cara Ampuh Cegah Badan 'Lebar-an' Usai Lebaran
ilustrasi makan bersama. cnni pic

Jakarta : Lebaran tak akan jauh-jauh dari makanan serba lemak dan santan. Sebut saja rendang, gulai, dan opor ayam. Menu-menu ini kerap diadu dengan kudapan dan minuman serba manis. Bisa dibayangkan berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh.

Jansen Ongko, ahli gizi sekaligus certified fitness trainer mengatakan ada beberapa tips yang bisa diterapkan dan menjaga pola makan tetap sehat selama minggu Lebaran ini. Hasilnya, saat masuk kerja atau beraktivitas kembali pascaLebaran, tubuh Anda tak akan jadi lebar-an.


1. Jangan lapar mata

Lebaran jadi momen untuk berkumpul dengan keluarga. Anggota penghuni rumah yang makin banyak tak pelak membuat persediaan makanan juga musti banyak. Belum jika kegiatan berlanjut dengan silaturahmi ke rumah saudara-saudara yang lain. Siapa yang tak lapar mata saat disuguhi makanan yang jarang ditemui kecuali saat Lebaran.

"Sebaiknya, pilih beberapa makanan yang menjadi makanan favorit dan konsumsilah dengan porsi kecil atau sedikit," kata Jansen seperti sitat CNN Indonesia.


2. Batasi jenis makanan tertentu

Hati-hati risiko peningkatan kolesterol mengintai saat Lebaran. Jansen mengatakan makanan yang bersantan mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, makanan manis juga perlu dibatasi apalagi buat yang menderita diabetes. Bagi yang tidak memiliki diabetes, makanan manis bisa memicu berat badan berlebih dan kerusakan gigi.


3. Berhenti makan saat sudah kenyang

Sebagian orang seolah memiliki lambung kedua saat Lebaran. Makanan apapun bisa masuk ke perut tanpa kenal penuh. Rasa kenyang kerap diabaikan. Orang punya kebiasaan berhenti makan saat sangat kenyang. Sebaiknya orang semakin peka kapan merasa kenyang dan musti berhenti makan atau minum.


4. Konsumsi sayur dan buah

"Cobalah untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah saat minggu Lebaran sehingga kebutuhan serat terpenuhi," ucap Jansen.

Konsumsi serat bisa membantu tubuh merasa cepat kenyang sehingga mencegah Anda makan berlebih. Selain itu konsumsi serat juga bisa memperlancar pencernaan dan mencegah konstipasi atau sembelit.


RRN/CNNI