Komisi II DPRD Riau sidak pasar, harga bahan pokok stabil jelang lebaran

Administrator - Kamis,23 Mei 2019 - 15:45:29 wib
Komisi II DPRD Riau sidak pasar, harga bahan pokok stabil jelang lebaran
Komisi II DPRD Riau sidak pasar tradisional dan pasar modern di Pekanbaru, Rabu sore. antara pic

Pekanbaru : Komisi II DPRD Riau melakulan sidak pemantauan harga bahan kebutuhan pokok di pasar modern dan pasar tradisional di Kota Pekanbaru. Dalam sidak tersebut, diketahui harga komoditas pangan di Kota Pekanbaru relatif stabil.

"Kita ingin memastikan harga-harga bahan pokok stabil. Karena beberapa waktu lalu kita dikejutkan dengan kenaikan harga yang cukup fantastis terutama bawang putih. Tapi Alhamdulillah tadi kami cek di lapangan harga sembako cukup stabil," ucap Ketua Komisi II DPRD Riau, Makmun Solihin usai sidak di pasar Pekanbaru, seperti sitat antara, Kamis (23/5/2019).

Legislator asal Kabupaten Kampar itu menyebutkan, berkat upaya yang dilakukan Dinas perdagangan Koperasi dan UMKM Riau kenaikan harga bawang putih yang sempat menembus harga pasar Rp60/kg beberapa waktu lalu, mampu diturunkan.

"Alhamdulillah berkat komunikasi intensif dari kadis dengan kementerian ini bisa ditanggulangi sehingga kelonjakan harga tidak cukup lama," paparnya.


Makmun Solihin didampingi Wakil Ketua Komisi II Karmila Sari, Anggota Komisi II Eva Yuliana, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Riau melakukan pengecekan langsung ke pedagang di dua titik yakni Pasar Pagi Arengka dan Pasar Modern Giantdi Jalan Nangka.

Dari hasil sidak, di Pasar Pagi Arengka didapatkan informasi harga bawang putih berada di kisaran Rp30/kg, cabe merah di kisaran 30 rb/kg, daging ayam 25 ribu/kg, daging sapi Rp110 ribu/kg, minyak curah Rp10 ribu/kg, minyak goreng kemasan 13 ribu/kg, gula pasir Rp13 ribu per kilogram.

Sementara itu, di supermarket Giant, harga bawang putih berada di kisaran Rp35 ribu/kg, beras Rp61 ribu per lima kilo, daging sapi Rp104 ribu perkilo, gula kemasan Rp12.500 perkilo, minyak kemasan Rp11 ribu per kilo.


Wakil Ketua Komisi II DPRD Riau Karmila Sari meminta masyarakat untuk tidak khawatir akan kenaikan harga bahan pokok jelang Hari Raya Idul Fritri 1440 Hijryah. Dia menyebutkan stok bahan pokok dalam tiga bulan ke depan cukup, sehingga tidak akan mempengaruhi kestabilan harga jelang Lebaran.

"Masyarakat tidak usah khwatir. Karena untuk tiga bulan ke depan Dinas dan Bulog sudah menjamin bahan pokok stabil. Dan juga ada Satgas Bahan Pokok yang akan melakukan pengawasan," ujar Politisi Golkar ini.

Karmila juga meminta agas Dinas perdagangan setempat membuat aplikasi yang bisa mengontrol stabilitasi harga bahan pokok di seluruh pasar yang ada di kawasan setempat


"Seperti Bank Indonesia, mereka punya aplikasi yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait harga bahan pokok di daerah-daerah, namanya PIHPS. Harganya diupdate setiap hari. Ini memudahkan pengawasan. Kita harapkan dinas membuat aplikasi seperti itu," ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Riau Yulwiriati Moesa mengatakan pihaknya berkomitmen untuk melakukan pengawasan harga komoditas bahan pokok setiap harinya.

"Kita setiap hari memantau harga di setiap pasar, kalau ada kenaikan harga kita cepat tau. Kita juga berkoordinasi dengan Bulog stok aman hingga tiga bulan ke depan," ujarnya.

"Sementara untuk bahan pokok yang di suplai dari provinsi tetangga, jika terkendala di distributornya. Kita akan bekoordinasi langsung, entah karena jalan putus atau kendala lainnya, kita koordinasi dengan dinas perhubungan," sambungnya.


RRN/Ant