Honda Patenkan Sensor Radar Helm untuk Mencegah Tabrak Belakang

Administrator - Kamis,02 Mei 2019 - 15:49:13 wib
Honda Patenkan Sensor Radar Helm untuk Mencegah Tabrak Belakang
Paten yang diajukan Honda merupakan unit sistem radar yang diletakan di bagian belakang helm. medcom.id pic

Jepang: Keselamatan berkendara kini menjadi fokus produsen otomotif dalam mengembangkan produk mereka. Bahkan beberapa diantaranya seperti produsen sepeda motor Honda serius memperhatikan keselamatan pengendaranya.

Seperti sitat medcom.id, baru-baru ini Honda mengajukan paten sistem radar keselamatan yang dipasang pada helm. Menarik, sistem radar tersebut bertujuan untuk mencegah pengendara sepeda motor ditabrak kendaraan lain dari belakang.

Pabrikan motor asal Jepang itu pun mengatakan, bahwa tabrakan belakang sangat berbahaya. Lantaran perlengkapan berkendara yang dikenakan dianggap tidak dapat melindungi pengendara sepeda motor, sehingga risiko kecelakaan bisa sangat fatal.

Diketahui, paten yang diajukan Honda merupakan unit sistem radar yang diletakan di bagian belakang helm. Nantinya sistem akan bekerja melalui kamera yang dipasang di belakang helm, yang mengirimkan data langsung ke CPU serta mendeteksi kendaraan yang mendekat dengan cepat, dan memberi tahu pengendara melalui tanda peringatan yang mucul di dasbor.


Selain itu, sistem radar yang berfungsi optimal didukung data point dan real-time metrics yang bekerja secara bersamaan. Ini tidak hanya membutuhkan banyak daya komputasi, tetapi juga sejumlah sensor untuk mendapatkan semua informasi yang diperlukan, dan membuat radar yang dipasang di bagaian belakang helm punya peran dan fungsi penting.

Sayangnya, pemasangan sensor di helm yang menambah bobot helm dianggap sebagai kelemahan. Padahal diketahui saat ini banyak alat serupa atau mikroprosesor dalam betuk yang lebih kecil dan ringan. Seperti sistem D-Air Dainese atau iPhone yang bentuknya tidak terlalu aneh dan bobotnya sangat ringan.

Awal bulan ini Honda juga telah mengajukan paten terpisah, yakni kamera internal pengenalan wajah yang dipasang di helm untuk membuka kunci sepeda motor, sama seperti yang ditemukan di smartphone model terbaru.

Sementara produsen lain seperti Ducati sudah lebih dulu memanfaatkan teknologi moto radar yang rencananya mulai mereka aplikasikan pada 2020. Termasuk Suzuki yang baru-baru ini juga mengajukan paten terkait sistem radar yang dipasang di sepeda motor.


RRN/Mdc