Suzuki Carry Baru Pakai Mesin Ertiga

Administrator - Kamis,25 April 2019 - 14:29:35 wib
Suzuki Carry Baru Pakai Mesin Ertiga
Suzuki Carry baru melantai di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. CNNIndonesia.com pic

Jakarta : Suzuki Carry baru melantai di Indonesia International Motor Show (IIMS) berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta mulai 25 April sampai 5 Mei 2019

Direktur Pemasaran Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra memastikan selain desainnya berubah, Carry model terbaru sudah menggunakan mesin K15B-C empat silinder dengan 16 katup yang memiliki kapasitas 1.462 cc, atau hasil pengembangan mesin Ertiga dengan kode K15B.

Mesin tersebut menggantikan tipe sebelumnya, yaitu G15A kapasitas 1.500 cc yang masih standar emisi Euro 2.


"Jadi salah satu yang difokuskan adalah dapat tenaga, torsi dan sebagainya untuk kendaraan komersial, tapi di satu sisi biaya operasional murah. Bicara biaya operasional pasti irit. Makanya itu kami develop K15B. K15B-C yang disesuaikan dengan kendaraan komersialnya," kata Donny kepada media di Jakarta, seperti sitat CNN Indnesia, Kamis (25/4/2019).

Menurut Donny perubahan mesin ini paling penting untuk mengikuti regulasi standar emisi Euro 4 yang dicanangkan pemerintah.

Untuk konsumennya di Indonesia ada enam varian Carry (Carry PU Flat Deck, Carry PU Flat Deck AC/PS, Carry PU Wide Deck, Carry PU Wide Deck AC/PS, Carry PU casis, Carry PU casis AC/PS) yang dijual mulai Rp103,6 juta sampai 145,1 juta. Dari enam varian yang tersedia tiga di antaranya tersedia pendingin udara (AC) dan power steering (PS).

SIS optimis penjualan domestik pikap Carry terdongkrak seiring dengan kemunculan model barunya. Donny membidik penjualan Carry baru sebanyak 6.000 unit per bulan.


Berdasarkan data penjualan Gaikindo (distribusi dari pabrik ke dealer) selama kuartal pertama 2019, pikap Carry dan Mega Carry terdistribusi sebanyak 11.648 unit.

"Penjualan 4.500 sampai 5.000 unit sebulan (model lama). Kontribusi masih 45 persen dari penjualan Suzuki. Dengan ada ini yang baru, ini kan menggantikan. ya kira-kira di angka 6.000an unit," ucap Donny.

Suzuki memastikan Indonesia menjadi negara pertama yang menggelar peluncuran model baru "pikap pekerja keras" andalannya itu. Kehadiran Carry baru praktis menghentikan produksi Mega Carry pikap dan xtra pikap.

"Kita fokus di satu model saja (Carry baru)," ucap Head of Service Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Patrayudha.


Posisi penjualan Carry


SIS mengklaim penjualan Carry pikap menjadi teratas di banyak daerah di Indonesia. Kondisi tersebut karena Caryy disebut sebagai kendaraan komersial yang memenuhi kebutuhan konsumen. Penjualan Carry secara nasional mendominasi penjualan SIS.

Dijelaskan Direktur Penjualan SIS Makmur, penjualan Carry kurang menonjol di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sementara di pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi, SIS mendapati penjualan Carry nomor satu di segmennya.

"Nomor satu kecuali di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di tempat lain nomor satu, di atas 50 persen pangsa pasar semua. Bahkan Ternate mencapai 80 persen pangsa pasar. Sumatra rata-rata nomor satu di atas 50 persen," ucap Makmur.

'Jadi kalau ada beberapa daerah yang kita belum nomor satu, itu karena suplai unit kita yang belum bisa memenuhi," pungkas Makmur.


Daftar harga Suzuki Carry baru:

- Carry PU casis Rp103,600 juta
- Carry PU casis AC/PS Rp112,100 juta
- Carry PU Flat Deck Rp135,6 juta
- Carry PU Flat Deck AC/PS Rp 144,1 juta
- Carry PU Wide Deck Rp136,6 juta
- Carry PU Wide Deck AC/PS 145,1 juta


RRN/CNNI