Sudah 2.913 Hektar Lahan Riau Terbakar, 15 Tersangka Ditangkap

Administrator - Senin,15 April 2019 - 16:28:18 wib
Sudah 2.913 Hektar Lahan Riau Terbakar, 15 Tersangka Ditangkap
Karhutla di Riau. cakaplah pic

PEKANBARU : Satgas Karhutla Provinsi Riau mencatat bahwa hingga saat ini sudah 2.913 hektar lahan di Riau terbakar selama 2019. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, menyebutkan lahan terbanyak terbakar di kabupaten Bengkalis, mencapai 1.295,83 hektar.

Disusul kabupaten Rohil seluas 444,25 hektar dan Siak 328,75 hektar. "Seluruh kabupaten di Riau sudah terjadi karhutla, paling sedikit ada di Rohul hanya dua hektar," cakap Edwar, seperti sitat Cakaplah.com,  Senin (15/4/2019).

"Pemadaman dan pendinginan masih kita lakukan pada hari ini. Baik oleh Satgas darat maupun udara," tambah Edwar.


Untuk Satgas udara, ada 11 helikopter dan dua pesawat yang digunakan. Kegiatan satgas udara sendiri dilakukan menggunakan waterbombing dan juga teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Sementara untuk Satgas Gakkum Karhutla Riau, saat ini sudah mengamankan 15 orang tersangka sejak awal tahun hingga saat ini.

"Seluruh kasus ini merupakan kasus perorangan, tidak ada yang korporasi," sebut Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto.

Ia merincikan, dari 15 kasus tersebut satu kasus terjadi di Inhil, Rohil tiga kasus, Pekanbaru satu kasus, Meranti dua kasus, Dumai lima kasus, dan Bengkalis tiga kasus. "Dua orang sudah tahap II di JPU Meranti dan Dumai, sisanya masih proses sidik dan tahap I," imbuhnya.


RRN/CKP