Bupati Rohil Takjub Lihat Kebun Poktan Tunas Mandiri 

Administrator - Senin,08 April 2019 - 03:19:50 wib
Bupati Rohil Takjub Lihat Kebun Poktan Tunas Mandiri 
Bupati H Suyatno, Kadis KPP drh Isa Ahmadi, bersama poktan di kebun sayur. Foto: Amran/RRN

RADARRIAUNET.COM: Bupati Rohil H Suyatno, Senin, 8 April 2019, meninjau kebun sayur dan buah-buahan milik Kelompok Tani (Poktan) Tunas Mandiri, Kepenghuluan Bantaian Hilir, Kecamatan Bangko. Kedatangan Bupati H Suyatno, disambut langsung Ketua Kelompok Tani Tunas Mandiri Mujiono, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Winarti SP, warga dan beberapa anggota poktan.

Bupati Rohil H Suyatno, takjub melihat aneka jenis sayur dan buah-buahan tumbuh subur di atas lahan berstruktur tanah liat. Bahkan, Bupati Rohil H Suyatno terkagum-kagum, melihat ukuran buah yang besar-besar. Selain itu, Bupati H Suyatno, tidak menyangka warga Bantaian Hilir juga rajin bertanam sayuran dan buah-buahan.

"Saya menyangka orang Bantaian Hilir malas-malas. Tapi setelah di bawa Pak Isa (Kadis KPP Pemkab Rohil drh Isa Ahmadi) kesini ternyata bukan hanya rajin, tapi paling rajin," kata Bupati Rohil H Suyatno, kepada para anggota kelompok tani Tunas Mandiri yang hadir di peninjauan tersebut.

Di depan, Bupati Rohil, memang terbentang kebun sayur dan sayuran buah, seluas lebih kurang 1,5 hektar di atas tanah liat, yang ditanami bunga kol, cabe, terong putih, labu, melon, jagung, bawang, buncis, dan lain-lain. "Luar biasa ini. Saya banyak menyampaikan apresiasi dengan kelompok tani yang punya lahan, tapi tidak luas ini dimanfaatkan untuk pertanian. Luar bias," jelas Bupati Rohil H Suyatno.

Jika masyarakat Bantaian Hilir bisa mengarap kebun berstruktur tanah liat menjadi lahan yang subur, ucap Bupati, kenapa pula daerah lain yang juga berstruktur tanah liat tidak bisa digarap lahan tanah liat sebagai lahan kebun sayur dan aneka buah sayur.

"Banyak lahan di Rohil ini seperti lahan ini (tanah liat). Saya yakin bisa. Kenapa? Disebabkan masyarakat Rohil ini rajin. Tinggal lagi Pemda bagaimana mensupport dan memberikan dorongan," ujar Bupati Suyatno.

Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Rohil, yang berperan andil dalam mengembangkan palawija dan tanaman holtikultura. "Saya sekali lagi berterimakasih banyak kepada Dinas KPP Rohil dan PPL yang telah berupaya meningkatkan swasembada pangan di Rohil ini," ucap Bupati.

Kadis KPP Rohil drh Isa Ahmadi mengatakan ia mengajak Bapak Bupati H Suyatno, datang langsung melihat kebun sayur milik Kelompok Tani Tunas Mandiri. Bibit aneka sayuran dan sayuran buah yang ditanam kelompok tani memang merupakan bibit khusus. "Bibitnya ini adalah bibit dari PT Panah Merah. Mereka mempromosikan bibit apa yang bisa tumbuh subur dijenis tanah seperti ini," ujar Isa.

Ketua Kelompok Tani Tunas Mandiri Mujiono, mengatakan lahan bertanah liat tersebut berada di pinggir kali, yang jika pasang tinggi membawa lumpur tanah liat. Struktur lahan tanah liat ini, jika musim panas menyebabkan tanah cepat mengeras, sehingga Poktan membutuhkan sumber air yang mencukupi. Bupati H Suyatno pun bersedia memberikan bantuan biaya pembuatan embung, dan balai-balai untuk pertemuan anggota poktan.

Amran/RRN