Yamaha Rancang Mobil Fuel Cell

Administrator - Kamis,11 April 2019 - 10:53:54 wib
Yamaha Rancang Mobil Fuel Cell
Prototipe mobil fuel cell Yamaha YG-M FC.cnni pic

Jakarta: Produsen yang lebih dikenal memproduksi sepeda motor, Yamaha, mengumumkan pada pekan lalu bakal menguji prototipe kendaraan fuel cell mulai 18 April. Pengujian akan dilakukan di Wajima di prefektur Ishikawa sebagai bagian dari sistem transportasi baru kota bernama 'WA-MO'.

Prototipe yang diuji bernama YG-M FC. Kendaraan ini merupakan mobil empat roda yang mirip mobil golf.

Disitat CNN Indonesia, berdasarkan keterangan resmi Yamaha, dimensi panjang YG-M FC 3,37 m, lebar 134 cm, dan tinggi 171 cm. Selama perjalanan, mobil sebesar 640 kg ini sanggup mengangkut empat penumpang.

Tidak ada penjelasan soal sistem fuel cell, namun disebutkan YG-M FC membutuhkan hidrogen yang sudah dipadatkan sebelum diolah jadi sumber tenaga.


Teknologi fuel cell dianggap punya kelebihan ketimbang metode alternatif lainnya, yakni lebih cepat isi ulang energi dan daya tempuhnya lebih jauh. Frekuensi lebih sedikit isi ulang energi memaksimalkan operasi servis dan bisa memangkas jumlah unit.

Inisiatif Yamaha ini sejalan dengan arah pemerintah Jepang yang mempromosikan teknologi fuel cell dan pengembangan stasiun pengisian hidrogen.

Yamaha berencana memamerkan YG-M FC di Automotive Engineering Exposition 2019 yang akan digelar di Yokohama mulai 22 Mei.

Teknologi fuel cell bukan hal baru pada Yamaha sebab merek nomor dua terbesar di Jepang ini sudah memperkenalkan sepeda motor hidrogen fuel cell 'FC AQEL' pada 2006. Soal mobil, Yamaha pernah memperkenalkan konsep mobil kota Motiv pada 2013 dan mobil sport Sports Ride pada 2015.


RRN/CNNI