KPPS Se Kecamatan Bangko, Rohil, Ikut Bimtek Pemilu 2019

Administrator - Senin,08 April 2019 - 15:02:10 wib
KPPS Se Kecamatan Bangko, Rohil, Ikut Bimtek Pemilu 2019
Bupati H Suyatno bersama PPK Bangko dan peserta bimtek. Foto: Amran/RRN

RADARRIAUNET.COM: Bupati Rohil H Suyatno, Senin, 8 April 2019, kemarin secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019. Bimtek dilangsungkan di Gedung Nasional H Misran Rais, Kota Bagansiapiapi. Bimtek diperuntukan buat Kelompok Penyelengara Pemungutan Suara (KPPS) se Kecamatan Bangko.

Bupati Rohil H Suyatno, dalam pengarahannya menyampaikan penyelengara dan pemilih harus jeli melihat surat suara. Bupati juga mengatakan agar pemilih tidak menerima surat suara yang rusak, dan KPPS tidak memberikan surat suara yang rusak kepada pemilih.

"Harus jeli, dan jangan di bolak-balik. Memakan waktu. Kalau di temukan surat suara rusak, segera balikkan, dan minta yang baru," kata Bupati H Suyatno.

Bupati Suyatno juga menyampaikan harapan agar pelaksanaan Pemilu 2019 di Rohil berjalan aman, proses lancar, terkendali  dan ada hasil."Sebab, kita memilih pemimpin bangsa untuk 5 tahun ke depan. Kita juga memilih keluarga kita yang duduk di legislatif. Siapa orangnya, terserah masyarakat memilih yang memilih," jelas Bupati.

Sebab itu, Bupati meminta kepada peserta bimtek agar serius mengikuti bimtek yang digelar PPK Kecamatan Bangko. "Kepada peserta harus serius mengikuti bimtek, dan harus satu suara. Mudah-mudahan dalam melaksanakan bimtek ini berjalan baik dan benar," tambah Bupati.

Ketua PPK Kecamatan Bangko Budi Setiawan, mengatakan bimtek kepada ribuan petugas KPPS se Kecamatan Bangko, dilaksanakan selama dua hari dan di bagi beberapa sesi. Melalui bimtek, sebutnya, diharapkan peserta dapat memahami tata cara penyelengaraan pemungutan suara, penghitungan surat suara dan mengisi formulir.

"Mengerti dan memahami melakukan rekapitulasi surat suara, dan mengisi form C1. Mengisi form C1 ini yang biasa sulit dilakukan, sehingga perlu peserta mengerti dan memahami melakukan rekapitulasi dan pelaporan," ujar Budi.

 

Amran/RRN