Arti Nama Hyundai Kona dan Masalahnya di Luar Indonesia

Administrator - Senin,08 April 2019 - 15:53:01 wib
Arti Nama Hyundai Kona dan Masalahnya di Luar Indonesia
Logo Hyundai Kona. cnni pic

Jakarta: Sama seperti Tucson dan Santa Fe, nama calon SUV baru Hyundai Mobil Indonesia (HMI), Kona, juga diambil dari nama lokasi. Menurut penjelasan Hyundai Motor Company (HMC), nama Kona berasal dari distrik di Pulau Besar di Hawaii.

Disitat CNN Indonesia, HMC menjelaskan nama itu dipilih sebab pulau Kona punya citra enerjik dan memiliki gaya hidup unik yang cocok dengan karakter dinamis SUV Kona.

Hal itu melanjutkan kegemaran Hyundai menamakan mobil dari lokasi setelah Tucson yang berasal dari nama kota di Arizona, Amerika Serikat dan Santa Fe dari nama kota di Meksiko.


Dalam bahasa penduduk Hawaii, Kona berarti bagian kering pada pulau. Pada jaman kuno Hawaii, semua bagian kering pulau dinamakan Kona.

Kona sudah meluncur sejak Juni 2017 lalu di Milan, Italia. Mobil ini berukuran lebih kecil dari Tucson dan punya empat pilihan mesin, yaitu 1.000 cc (bensin), 1.600 cc (bensin), 2.000 cc (bensin), dan 1.600 cc (diesel).

Satu unit Kona berkelir merah sudah ditunjukkan kepada media otomotif nasional pada pekan lalu, HMI memastikan Kona bakal dijual di Indonesia. Peluncurannya dikatakan bakal dilaksanakan di Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan diselenggarakan pada 25 April - 10 Mei 2019.


Di Indonesia, nama Kona mungkin bukan masalah. Namun nama itu pernah jadi sulit saat ingin dipakai di Portugal.

Nama Kona dianggap buruk di Portugal karena 'cona' merupakan bahasa slang yang artinya alat kelamin wanita. Sebelum cona, Opel juga pernah bermasalah memasarkan produk bernama Ascona di Portugal.

Kona juga berarti 'istri' dalam bahasa Norwegia, meski begitu arti yang satu ini bisa jadi tidak seburuk di Portugal.

Hyundai akhirnya mengganti nama Kona dengan Kauai khusus untuk pasar Portugal. Kauai merupakan nama pulau lain yang juga berada di Hawaii.

Selain itu, Carscoops menjelaskan Honda juga pernah memutuskan mengganti nama Fit menjadi Jazz untuk kawasan Eropa. Alasannya Fit diasosiasikan dekat dengan 'Fitta' yang dalam istilah skandinavia artinya seperti Cona di Portugal.


RRN/CNNI