Mantan Pelatih Madrid Sebut Ronaldo Bukan Pesepakbola Jenius

Administrator - Jumat,15 Maret 2019 - 11:05:55 wib
Mantan Pelatih Madrid Sebut Ronaldo Bukan Pesepakbola Jenius
Ronaldo diklaim bukan pesepakbola jenius. cnni pic

Jakarta: Mantan pelatih Real Madrid Fabio Capello menyebut bintang Juventus Cristiano Ronaldo bukan salah satu dari pesepakbola jenius meski baru saja mencetak hattrick ke gawang Atletico Madrid di Liga Champions, tengah pekan lalu.

Ronaldo menjadi pahlawan bagi Bianconeri untuk membawa klub tersebut lolos ke perempat final Liga Champions secara dramatis dengan memborong tiga gol untuk mengalahkan Atletico 3-0.

Torehan gol itu membuat Ronaldo mengoleksi delapan hattrick di Liga Champions. Meski tampil impresif untuk Juventus, namun Capello tidak menilai Ronaldo sebagai salah satu pemain yang jenius seperti Lionel Messi, Pele, dan Diego Maradona.


"Ronaldo pesepakbola yang luar biasa, tetapi Messi pemain yang jenius," ujar Capello kepada Sky Sports Italia seperti sitat CNN Indonesia.

"Ada tiga pemain jenius di sepak bola: Pele, Maradona, dan Messi. Ronaldo sangat kuat karena dia memungkinkan Anda memenangi segalanya, namun Messi jenius dan sebagainya," Capello menambahkan.

Capello memuji Messi bukan tanpa alasan. Mantan pelatih Juventus dan juga timnas Inggris itu memiliki pengalaman mengamati pemain berjuluk La Pulga itu sejak usia muda.


"Saya melihat Messi ketika dia berusia 16 tahun, dan saya kagum. Dia melakukan hal yang sama seperti saat ini, tetapi dia terlihat lebih muda 20 tahun karena dia jenius sejak lahir," ucap Capello.

Mantan Pelatih Madrid Sebut Ronaldo Bukan Pesepakbola Jenius
Pelatih 72 tahun itu juga menyebut banyak hal dalam diri dan kualitas Messi yang tidak terlihat orang lain. Hal-hal tersebut yang membuat Messi berbeda dengan Ronaldo.

"Dia menciptakan hal-hal yang tidak dilihat orang lain. Ronaldo telah menjadikan dirinya seorang juara, tetapi bukan seorang jenius," tutur Capello.


RRN/CNNI