Menurut Penelitian, Uang Memang Bisa Membeli Kebahagiaan

Administrator - Rabu,13 Maret 2019 - 16:27:46 wib
Menurut Penelitian, Uang Memang Bisa Membeli Kebahagiaan
Ilustrasi bahagia. Merdeka.com pic

Radarriaunet.com: Katanya harta tak bisa membeli kebahagiaan, apalagi cinta. Apa gunanya banyak uang jika tak bahagia? Tetapi ternyata pendapat ini tak selalu benar. Bahkan ada sebuah penelitian yang membuktikannya.

Disitat Merdeka.com, Tingkat kebahagiaan seseorang bisa dipengaruhi oleh keberadaan beberapa faktor dan salah satunya adalah uang. Sebuah analisis penelitian yang dilakukan oleh grup investasi Advisor Perspectives, menemukan bahwa uang mampu meningkatkan kepuasaan orang secara keseluruhan dalam menjalani hidup hingga titik tertentu. Hal ini tergantung seberapa besar biaya hidup dan penghasilan yang kita dapat.


Dikatakan pakar kebahagiaan Gretchen Rubin, bahwa uang adalah semacam pengukur kesehatan di mana jumlahnya yang sangat besar bisa mempengaruhi kita dalam banyak hal, terutama mengarah ke hal negatif. Ketika jumlahnya cukup, uang mampu meningkatkan kebahagiaan.

Dalam beberapa hal, harus diakui, uang memang menentukan tingkat kebahagiaan, misalnya saja ingin sesuatu, ketik ada uang kita tinggal beli saja, hal itu bisa mendatangkan kebahagiaan. Ketika sakit, jika tak punya uang, orang pasti kesulitan membeli obat. Hal-hal sederhana seperti itu. Seringkali uang juga menentukan ketenangan dan ketentraman hati akan masa depan.

Jadi, kondisi finansial memang terkait erat dengan tingkat kebahagiaan manusia. Meskipun uang banyak tidak bisa menjamin kebahagiaan, sampai derajat tertentu faktor yang satu ini bisa mempengaruhi kepuasan hidup.


RRN/Merdeka.com