Tesla Roadster Sudah Berwisata 810 juta Km di Luar Angkasa

Administrator - Senin,04 Maret 2019 - 15:18:56 wib
Tesla Roadster Sudah Berwisata 810 juta Km di Luar Angkasa
Tesla Roadster SpaceX. cnni pic

Jakarta: Lebih setahun yang lalu, tepatnya pada 6 Februari 2018, juragan teknologi Tesla, Elon Musk, mengutus sedan listrik Roadster jalan-jalan ke angkasa. Kini, mobil berwarna merah yang 'dikemudikan' maneken 'Starman' itu telah berjalan sejauh 807 juta kilometer, sebagai komparasi orbit bumi sekitar 940 juta kilometer.

Disitat CNN Indonesia, yang didedikasikan untuk memberikan informasi tentang proyek Musk ini, total perjalanan Roadster dan Starman saat ini diasumsikan sama dengan 22,3 kali perjalanan melintasi semua jalan yang ada di bumi. Roadster dikatakan juga sudah melewati masa garansi 36 ribu mil (57.900 km) sebanyak 13.992 kali sejak memulai perjalanan.


Sekarang posisi sedan listrik yang dijual di Amerika Serikat US$100 ribu (Rp1,3 miliar) itu lebih dekat ke Mars yakni jaraknya 264 juta kilometer, sedangkan dari bumi berjarak 365 juta kilometer. Roadster dan Starman telah mengudara selama 1 tahun, 25 hari, 9 jam, 12 menit, dan 13 detik saat situs diakses pada Senin (4/3).


Buat menyelesaikan satu periode orbit, kendaraan itu butuh 557 hari. Kecepatannya saat ini 82.224 km per jam atau 22,85 km per detik, jauh lebih kencang dari pesawat tempur manapun.

Logikanya setiap mobil butuh traksi dengan permukaan bumi untuk mendapatkan kecepatan, namun tidak begitu dengan Roadster. Saat roket SpaceX, Falcon Heavy, meluncur membawa Roadster dan Starman dari Florida, Amerika Serikat, momentumnya sudah memberikan dorongan buat Roadster mengorbit.


Sembilan bulan setelah meluncur, Roadster sudah mencapai Mars. Namun Mars cuma salah satu tujuan, karena dalam orbitnya termasuk melewati Venus, Merkurius, dan Matahari.

Roadster dan Starman akan menyelesaikan orbit pada tahun ini dan akan terus berada di luar angkasa selama beberapa juta tahun bila tidak ada kejadian nahas misalnya berbenturan dengan benda angkasa.

Musk telah berhasil mewujudkan mimpinya mengirim mobil ke luar angkasa yang menciptakan rekor perjalanan terjauh dari siapapun.


RRN/CNNI