Kenali Gejala Awal Power Window Macet dan Cara Mengatasinya

Administrator - Sabtu,02 Maret 2019 - 12:04:23 wib
Kenali Gejala Awal Power Window Macet dan Cara Mengatasinya
Menghindari kondisi kerusakan yang parah sebaiknya perhatikan gejala-gejala awal untuk mendeteksi kerusakan power window. Medcom.id pic

Jakarta: Mobil-mobil yang sudah diproduksi sekarang ini hampir rata-rata sudah dilengkapi dengan fitur power window, minimal untuk jendela pengemudi dan penumpang di depan. Fitur ini memberikan kemudahan dan kenyamanan saat menaik-turunkan kaca jendela mobil.

Seperti sitat Medcom.id, Sabtu (2/3/2019), keberadaan fitur ini jelas mempermudah untuk pengemudi dan penumpang untuk membuka kaca jendela karena bisa dilakukan cukup dengan menekan satu tombol. Cara ini jelas lebih mudah dibandingkan model dulu yang masih menggunakan engkol untuk membuka kaca jendela yang jelas memerlukan tenaga ekstra.

Saat ini pada umumnya tombol power window di pintu pengemudi sudah dilengkapi dengan auto-up dan auto-down. Fitur tersebut memungkinkan membuka dan menurukan kaca jendela hanya dengan sekali menekan tombol dan tidak perlu menahan tombol selama power window bekerja.


Di beberapa tipe mobil, power window juga juga dilengkapi jump protection yang berfungsi melindungi penggunanya, terutama anak-anak, dari kemungkinan terjepit kaca jendela saat power window bekerja. Jika ada anggota tubuh atau benda lain menghalangi kaca jendela yang sedang naik maka otomatis fitur jump protection akan membuat kaca jendela turun kembali.

Tentu akan terasa menyebalkan ketika power window digunakan dan power window macet di tengah-tengah perjalanan. Tentunya akan sangat mengganggu apalagi jika kaca jendela terbuka dan tidak bisa ditutup sehingga udara luar masuk ke dalam kabin.

Untuk menghindari kondisi ini sebaiknya perhatikan gejala-gejala awal untuk mendeteksi kerusakan power window. Gejala-gejala berikut ini perlu diwaspadai karena mengindikasikan adanya kerusakan pada power window.


Mulai dari tombol power window yang ditekan tetapi kaca jendela tidak bereaksi. Masalah ini kemungkinan karena saklar (switch) power window rusak. Jika hal ini terjadi di bagian pintu penumpang, operasikan melalui central power window yang terdapat di pintu pengemudi.

Kemudian bila bunyi kasar saat mengoperasikan power window untuk menaik-turunkan kaca jendela. Apabila bunyi berasal dari dalam pintu, kemungkinan penyebabnya adalah regulator power window di dalam pintu sudah mulai rusak. Agar kerusakan tidak semakin parah sebaiknya jangan mengoperasikan power window. Selanjutnya, segera cek ke bengkel untuk memastikan apakah ada komponen yang lepas, kendor atau rusak geriginya.


Proses naik-turun kaca tidak lancar atau seret, dan terdapat baret di salah satu sisi kaca jendela. Hal ini bisa disebabkan jalur pada kaca dalam kondisi kering, miring atau keluar dari jalurnya. Tetapi kalau baret terjadi di sisi luar atau dalam kaca kemungkinan karena posisi kaca yang miring. Solusinya, lakukan penyetelan posisi kaca jendela di bengkel resmi agar posisinya kembali normal, dan lumasi jalur kaca jendela agar proses naik-turun lebih lancar.

Nah sudah tahu beberapa gejala power window yang bermasalah. Jangan diabaikan dan lekas diperbaiki agar tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah!


RRN/Medcom.id