FLY OVER Pekanbaru Harus Bisa Dilewati Bulan Februari, Wakil Rakyat Ingatkan Kontraktor

Administrator - Senin,07 Januari 2019 - 22:38:30 wib
FLY OVER Pekanbaru Harus Bisa Dilewati Bulan Februari, Wakil Rakyat Ingatkan Kontraktor
Foto Ilustrasi Pembangunan Fly Over. katadata.co.id

Pekanbaru: Dua fly over Pekanbaru harus bisa dilewati bulan Februari 2019, wakil rakyat dari DPRD Riau ingatkan kontraktor dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PPUR) Riau.

Wakil rakyat dari DPRD Provinsi Riau meminta kepada pihak kontraktor yang mengerjakan jembatan layang atau fly over Pekanbaru di simpang pasar pagi arengka dan simpang mal Ska untuk menggesa pekerjaan.

Pasalnya mereka hanya diberikan waktu selama 50 hari setelah berakhirnya tahun anggaran pada tanggal 31 Desember 2018 kemarin.

Anggota Komisi IV DPRD Riau, Asri Auzar kepada awak media pada Senin (7/1/2019) mengatakan, proyek insfrastruktur tersebut harus digesa pembangunannya.

Sebab dua fly over Pekanbaru tersebut sangat vital keberadaanya untuk kelencaran arus lalulintas di ibu kota Provinsi Riau.

"Dari sudut pandang kegunaan kita melihat proyek ini sangat dibutuhkan masyarakat, karena itulah kita ini harus digesa. Sebab kalau tidak siap, dua fly over Pekanbaru ini akan mangkrak maka terjadilah kemacetan yang panjang," katanya.

Ia meminta kepada pihak kontraktor dan dinas teknis, yakni dinas PUPR Riau agar benar-benar memanfaatkan perpanjangan waktu selama 50 hari seperti yang diatur dalam undang-undang.

Sebab jika dalam waktu 50 hari ke depan tidak selesai.

Maka dikhawatirkan proyek jembatan layang ini akan mangkrak selama setahun.

"Kalau ini tidak digesa dan ternyata perpanjangan waktu 50 hari juiga tidak selesai, maka proyek ini akan mangkrak selama satu tahun, karena di tahun 2019 tidak ada dianggarkan," sebutnya.

Pihaknya mengaku sudah mempertanyakan progres perkembangan dua fly over Pekanbaru tersebut ke Dinas PUPR Provinsi Riau.

Diperkirakan dua fly over Pekanbaru tersebut sudah bisa dilewati awal Februari mendatang.

"Tadi saya sudah kroscek ke kabid jalan dan jembatan, katanya awal Februari, fly over Pekanbaru ini akan diresmikan dan sudah bisa dilewati untuk umum," ujar ketua DPD Demokrat Riau ini.

Sebelumnya, anggota Komisi IV DPRD Riau melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah proyek pembangunan strategis di Provinsi Riau, Rabu (26/12/2018).

Diantaranya adalah pembangunan fly over Pekanbaru simpang pasar pagi Arengka dan Simpang Mal Ska.

Anggota dewan dari Komisi IV ini langsung turun ke lapangan untuk melihat langsung progres pembangunan dua jembatan layang tersebut.

Selain melihat kondisi bangunan, anggota dewan ini juga menyempatkan untuk berbincang bersama pihak kontraktor dan para pekerja.

Lokasi pertama yang dikunjungi oleh anggota Komisi IV DPRD Riau adalah fly over Pekanbaru Simpang Pasar Pagi Arengka.

Rombongan kemudian bergerak menuju ke jembatan layang di simpang Mal Ska.

Disini rombongan komisi IV langsung naik ke tanjakan fly over Pekanbaru yang sudah diaspal.

Rombongan kemudian menyaksikan para pekerja dari atas fly over Pekanbaru. 

 


RRN/tpc/Adv