Alasan Honda Pangkas Varian Civic Turbo

Administrator - Jumat,22 Februari 2019 - 12:49:14 wib
Alasan Honda Pangkas Varian Civic Turbo
Honda Civic Turbo diluncurkan di Jakarta, Kamis (21/2). cnni pic

Jakarta: Honda Prospect Motor (HPM) memutuskan menyederhanakan jumlah varian sedan Civic Turbo, dari dua hingga kini hanya tersedia satu varian pada model terbaru yang meluncur di Jakarta, Kamis (21/2).

Penyederhanaan itu didasari efisiensi produk. Pasalnya perbedaan antara dua varian pada model lama dirasa tidak terlalu jauh.

Pada model lama yang meluncur di Indonesia pada April 2016 terdiri dua varian, yaitu V Tech Turbo dan V Tech Turbo Prestige. Sebelum masuk ke versi penyegaran, kedua varian itu masing-masing dilego Rp497,5 juta dan Rp500,5 juta.

Menurut Manager Public Relation HPM Yulian Karfili, perbedaan kedua varian itu pada aerokit serta opsi enam airbag pada V Tech Turbo Prestige dan dua airbag pada V Tech Turbo. Dicermati dari sisi harga beda keduanya juga hanya Rp3 juta.

"Keduanya itu sebenarnya hanya tampilan saja yang berbeda. Sekarang perubahannya sudah semakin sporty dengan fitur lengkap. Jadi, satu varian sudah cukup memenuhi semua kebutuhan," jelas Karfili, seperti sitat CNN Indonesia, Jumat (22/2/ 2019).


Pada model penyegaran sedan Civic generasi kesepuluh di Indonesia, HPM menyematkan perubahan minor pada eksterior dan interior. Desain luarnya sekarang dibumbui berbagai macam elemen krom pada bemper depan dan belakang serta di bingkai lampu senja yang telah berubah menjadi LED.

Pelek baru 17 inci dengan desain two tone baru menjadi pemanis buat mobil impor utuh dari Thailand ini. Sedangkan di kabin, HPM menambahkan 4 pengaturan elektronik pada jok penumpang depan dan kaca anti silau pada spion tengah.

Semua penambahan itu bikin harga Civic menjadi Rp507 juta atau lebih mahal Rp6,5 juta dari varian tertinggi pada model lama. Di pasar medium sedan, pesaing utama sedan Civic, Toyota Corolla Altis saat ini ditawarkan dua varian, yakni G M/T Rp439,95 juta dan V A/T Rp474,45 juta.


RRN/CNNI