Muchdi PR Dukung Jokowi, Timses Tak Urusan dengan Kasus Munir

Administrator - Senin,11 Februari 2019 - 15:51:26 wib
Muchdi PR Dukung Jokowi, Timses Tak Urusan dengan Kasus Munir
Meski Muchdi Pr pernah didakwa sebagai pihak yang berada di balik pembunuhan Munir, TKN menyebut hal itu tak terkait dengan dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf. cnni pic

Jakarta: Petinggi Partai Berkarya Muchdi Purwoprandjono mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Johnny G. Plate menyatakan dukungan Muchdi Pr tak ada urusan dengan isu masa lalunya.

"Tidak ada urusannya dengan masa lalu, rekam jejak ya para purnawirawan jenderal. Yang mereka lihat saat ini adalah rekam jejak Pak Jokowi," kata Plate di Kompleks Parlemen, seperti sitat CNN Indonesia, Senin (11/2/2019).

Muchdi bergabung dengan ribuan purnawirawan TNI/Polri lainnya untuk mendukung Jokowi sebagai capres 2019. Sementara Partai Berkarya mendukung paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Masa lalu Muchdi menjadi sorotan sebab pada 2008, ia menjadi terdakwa dalam kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib. Mantan Direktur V Badan Intelijen Negara (BIN) ketika itu didakwa sebagai orang yang berada di balik pembunuhan Munir.

Namun, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis bebas Muchdi PR dari segala tuduhan.

Ia juga kawan dekat Prabowo saat masih aktif di militer. Pada 1998, Muchdi menjabat Danjen Kopassus dan Prabowo menjabat Pangkostrad. Ia termasuk salah satu pendiri Partai Gerindra.

TKN Sebut Dukungan Muchdi PR Tak Ada Urusan Masa LaluPara purnawirawan TNI/Polri menghadiri acara silaturahmi dengan capres Joko Widodo di JIExpo, Jakarta, Minggu (10/2). (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Setelah itu, Muchdi menjadi Wakil Ketua Umum ketika hijrah ke Partai Berkarya, partai pimpinan Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto.

Plate menyatakan TKN menyambut baik dukungan Muchdi kepada Jokowi. Namun, menurutnya hal itu bukan menjadi hal utama. Dia berharap masyarakat bisa melihat jelas ketika ribuan purnawirawan mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi dalam Pilpres 2019.

Menurut Plate, para purnawirawan termasuk Muchdi beramai-ramai mendukung Jokowi karena tak ingin Indonesia berada di jalan yang salah.

"Mereka tahu arah jalan yang ditempuh Pak Jokowi kebijakan itu benar, termasuk Pak Muchdi. Kalau para senior saja mengalihkan dukungannya, masyarakat harus tahu, artinya ada kekhawatiran," kata Sekretaris Jenderal Partai Nasdem itu.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Berkarya Mayjen Purn Muchdi PR ikut mendeklarasikan dukungan bersama seribu Purnawirawan TNI/Polri lainnya di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (10/2).

Menanggapi hal itu, anggota Majelis Tinggi yang juga Ketua DPP Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang menyatakan dukungan Muchdi Pr kepada Jokowi-Ma'ruf bukan atas nama partai, namun dukungan pribadi.

Badaruddin menegaskan partainya tetap berada di koalisi pendukung Prabowo-Sandi. Namun, Partai Berkarya menghargai sikap politik para kader yang mendukung Jokowi-Ma'ruf.


RRN/CNNI