Jaga Likuiditas, Bank Sentral Tiongkok Suntik Pasar USD41,5 Miliar

Administrator - Jumat,14 Desember 2018 - 15:35:12 wib
Jaga Likuiditas, Bank Sentral Tiongkok Suntik Pasar USD41,5 Miliar
ilustrasi. FOTO: AFP/medcom.id

Beijing: Bank sentral Tiongkok (PBOC) menyuntikkan dana sebesar 286 miliar yuan (sekitar USD41,5 miliar) ke pasar melalui fasilitas pinjaman jangka menengah (MLF) untuk menjaga likuiditas.

Mengutip laman PBOC, dana tersebut akan jatuh tempo dalam satu tahun dengan tingkat bunga 3,3 persen, tidak berubah dari operasi sebelumnya.

Melansir Xinhua, Jumat, 14 Desember 2018, operasi tersebut secara efektif menggulirkan jumlah pinjaman yang sama, yang jatuh tempo pada Jumat.

MLF diperkenalkan pada 2014 untuk membantu bank komersial menjaga likuiditas dengan memungkinkan mereka untuk meminjam dari bank sentral menggunakan sekuritas sebagai jaminan.

PBOC menghentikan operasi reverse repo untuk hari perdagangan ke-36 berturut-turut.

Pasar antar bank Jumat menunjukkan Shanghai Interbank Offered Rate (Shibor) semalam, yang mengukur biaya di mana bank saling meminjam, melonjak 13,6 basis poin menjadi 2,655 persen. Ini merupakan level tertinggi selama dua minggu terakhir.

Suku bunga Shibor untuk pinjaman satu bulan juga naik 6,6 basis poin menjadi 2,966 persen.

Tiongkok sebelumnya berjanji untuk mempertahankan kendali atas suplai moneter dan menjaga likuiditas pada tingkat yang wajar dan cukup, menurut pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok pada Juli.


Ahl/medcom.id/RRN