Ini yang Harus Dilakukan Saat Kepala Si Kecil Terbentur

Administrator - Rabu,28 November 2018 - 03:05:53 wib
Ini yang Harus Dilakukan Saat Kepala Si Kecil Terbentur
Seberapa besar efek benturan pada otak bayi? Apa yang harus dilakukan kalau bayi terjatuh? Simak informasinya berikut ini. Foto: Shelbey Miller/Unsplash.com/medcom.id

Jakarta: Melansir medcom.id 27 November 2018. Setelah berusia empat bulanan, si kecil mampu berguling-guling. Namun di balik itu, tersimpan pula rasa cemas lantaran ada risiko si kecil jatuh dari tempat tidur. Apalagi tulang kepalanya masih lembek, dan di baliknya tersimpan otak yang sangat berharga.

Seberapa besar efek benturan pada otak bayi? Apa yang harus dilakukan kalau bayi terjatuh? Dilansir dari BabyCenter, sebenarnya Anda tak perlu terlalu khawatir.

Ketika si kecil mendapat benjolan di bagian kepala saat terjatuh dari tempat tidur, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan menyeluruh atas luka-luka tersebut.

Walau terasa lembek atau lunak, struktur kepala bayi boleh dibilang relatif lebih aman terhadap trauma kepala. Mengapa? Karena sambungan antar tulang kepala atau tengkorak bayi relatif masih elastis, ubun-ubunnya masih terbuka atau belum menutup secara menyeluruh.

"Tekanan yang terjadi karena benturan tak berakibat fatal, apalagi sampai mencederai otak," sebut artikel dalam sumber yang sama. Nah, berikut ini hal-hal yang mesti Anda lakukan setelah si kecil jatuh.

1. Amati kondisi bayi
Bila setelah jatuh, ia langsung menangis dan menggerak-gerakkan semua anggota badannya, maka langsung gendong dan tenangkan.

2. Periksa
Setelah si kecil tenang, ketahui bagian tubuh mana yang terbentur. Coba periksa dengan teliti, bagian tubuh mana yang terbentur apakah wajah, kepala, atau bagian tubuh lainnya.

3. Kronologi kejadian
Perhatikan kronologi kejadian. Saat si kecil terjatuh lalu membentur media apakah (kursi, lantai, dan lain-lain).  

4. Posisi jatuh
Ketahui juga proses jatuhnya, apakah langsung ke lantai atau terbentur sesuatu terlebih dahulu. Dan posisi jatuhnya tengkurap atau telungkup.

Jika si kecil terlihat baik-baik saja dan tampaknya bersikap normal, kemungkinan jatuh itu tidak menyebabkan cedera serius. Lalu perhatikan dengan seksama selama 24 jam ke depan, terutama ketika si kecil menabrak atau jatuh di kepalanya.

Bila si kecil menangis kemungkinan merasakan sakit. Jika ada keluhan seperti memar atau benjolan di bagian kepala, periksalah segera ke dokter.

 

 

Tin/medcom.id