Tips Mengatasi Stres bagi Milenial

Administrator - Sabtu,24 November 2018 - 04:15:35 wib
Tips Mengatasi Stres bagi Milenial
Musik dengan tempo yang lambat dan tenang akan membantu Anda bersantai dan menenangkan saraf Anda. Foto: Jamakassi/Unsplash.com/medcom

Jakarta: Generasi milenial dianggap memiliki perbedaan dibandingkan generasi-generasi sebelumnya, di mana pada saat ini generasi milenial memasuki masa-masa usia 20-an awal yang membuat mereka berada dalam masa produktif dan penuh dengan ide-ide segar.

Namun generasi milenial juga terbukti memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang-orang dari generasi sebelumnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang mencolok dalam tingkat stres di kalangan generasi milenial karena berbagai faktor yang melibatkan peningkatan persaingan di tempat kerja, hubungan yang tidak stabil dan gaya hidup yang tidak aktif/tidak sehat. Dan juga stres yang tidak dikelola lebih lanjut yang menyebabkan depresi.

Mengutip medcom.id Sabtu, (24/11) menurut Dr Shruthi M. Hegde, ahli ilmu kesehatan India memberikan beberapa tips untuk para milenial yang menjalani hidup yang penuh tekanan.

1. Rencanakan jadwal Anda
Dengan merencanakan jadwal dapat meningkatkan efisiensi dan juga menurunkan stres. Ketika tugas menumpuk, wajar untuk merasa kewalahan mengatasinya.  

Ini dapat dicegah dengan menuliskan daftar apa saja yang harus Anda lakukan. Lakukan hal itu sampai menjadi kebiasaan. Pastikan Anda memiliki rencana setiap harinya karena ini memungkinkan Anda untuk fokus pada tujuan Anda dan membuat Anda termotivasi.

2. Mendengarkan musik dengan irama santai
Sejak dahulu kala, musik telah dikenal memainkan efek positif dalam menenangkan seseorang. Tempo, lirik, dan volume musik yang Anda dengarkan memiliki efek yang sangat besar pada suasana hati Anda.  

Musik dengan tempo yang lambat dan tenang akan membantu Anda bersantai dan menenangkan saraf Anda. Saat Anda bekerja, Anda sebaiknya mendengarkan musik yang tenang. Hal ini dapat membersihkan pikiran dan membantu Anda bersantai. 

3. Cukup tidur dan istirahat
Begadang di malam hari sering dilakukan kalangan milenial tetapi dapat memiliki efek berbahaya pada kesehatan mental. Salah satu cara terbaik yang dapat membantu Anda tidur lebih awal adalah berolahraga setidaknya 45 menit setiap hari. 

Ini juga membantu Anda tidur lebih baik dan Anda akan merasa lebih segar. Tidur minimal enam jam diperlukan untuk tetap bugar sepanjang hari. 

4. Menjaga pola makan
Karena gaya hidup yang sibuk dan tidak aktif, kita cenderung "tidak mengikuti" kebiasaan makan yang sehat.

Sebagian besar dari kita mungkin tidak menyadari bahwa makanan tertentu dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan. Buah-buahan seperti pisang dan alpukat selain wortel dan yogurt membantu Anda lebih tenang. 

 

 

Tin/medcom.id