PT Jakpro Ditugasi Kelola Pulau Reklamasi

Administrator - Sabtu,24 November 2018 - 04:03:46 wib
PT Jakpro Ditugasi Kelola Pulau Reklamasi
Progres pembangunan proyek reklamasi Teluk Jakarta terpantau dari udara. Foto: MI/Susanto/medcom.id 

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menugaskan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mengelola pulau C, D dan G reklamasi. Tugas itu tertuang dalam Perda 120 tahun 2018 tentang penugasan kepada PT Jakrpro untuk mengelola lahan hasil reklamasi Pantai Utara Jakarta.

Dalam pasal II disebut bahwa PT Jakpro berhak mengelola lahan kontribusi sesuai dengan panduan rancangan kota. Selain itu, PT Jakrpro juga diperbolehkan melakukan kerja sama pengelolaan sarana, prasarana, dan fasilitas umum lainnya pada pemegang izin pelaksanaan reklamasi kepada Pemprov.

Sarana, prasarana, dan fasilitas yang bisa dikelola PT Jakrpro ialah rumah susun untuk masyarakat berpenghasilan rendah, restoran ikan, kantor pemerintah, dermaga, pasar tematik, dan tempat ibadah. Anies mengatakan, pihaknya meminta PT Jakpro untuk menyusun penataan pulau reklamasi.

"Kami menugaskan Jakpro untuk mengelola lahan yang nanti akan digunakan. Dengan begitu nanti kami akan minta Jakpro untuk menyusun rencana presentasi ke pemerintah. Baru dari situ kami bekerja," kata Anies di kantor TransJakarta, Cawang, Jakarta Timur, mengutip medcom.id Jumat 23 November 2018.

Berdasarkan status kepemilikan, pulau C dan D milik PT Kapuk Naga Indah, sedangkan pulau G milik PT Muara Wisesa Samudra. Tiga pulau itu sudah disegel.

"Nanti kalau rencananya udah jadi dari Jakpro kami berita tahu (ke pengembang). Sekarang kan Jakpro lagi ditugaskan, dia buat perencanaan, setelah itu baru kami bicara semuanya," ungkapnya.

Alasan Anies memilih PT Jakrpro lantaran perusahaan plat merah itu paling paham mengenai pembangunan. "Dari sisi relevansi paling relevan," imbuh dia. Perda nomor 120 tahun 2018 ini telah dikeluarkan pada 9 November 2018.

 


lds/medcom.id