Rp1,9 Triliun APBD Siak 2019 Disahkan

Administrator - Jumat,09 November 2018 - 22:57:07 wib
Rp1,9 Triliun APBD Siak 2019 Disahkan
Disetujui Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi dan Ketua DPRD Siak Indra Gunawan menandatangani berita acara rapat paripurna persetujuan APBD 2019 dan penetapan serta usulan Ranperda di Gedung DPRD Siak, Kamis (8/11/2018). Pnc Pic

Siak: Rapat paripurna persetujuan APBD 2019 Kabupaten Siak digelar, Kamis (8/11) pagi. Setelahnya akan diusulkan segera ke Gubernur Riau untuk dievaluasi atas pagu anggaran senilai Rp1,9 triliun tersebut. Program pembangunan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Siak menjadi skala prioritas atas struktur anggaran tersebut.

 

Pengesahan setelah dilakukan pembahasan secara maraton antara Banggar DPRD dengan TAPD Siak. Dimana menurut Banggar, telah melaksanakan pembahasan dan memperhatikan keserasian antara penerimaan dan belanja. Sehingga didapatkan angka pendapatan daerah sebelum pembahasan Rp1,8 triliun dan sesudah pembahasan menjadi Rp1,9 triliun.

 

Dengan demikian terjadi kenaikan Rp87 miliar. Dengan rincian berdasarkan laporan Banggar, PAD sebelum pembahasan Rp232 miliar dan menjadi Rp239 miliar sesudah pembahasan. Kemudian dana perimbangan Rp1,34 triliun meningkat Rp1,44 triliun setelah pembahasan, Lain-lain pendapatan sah Rp270,13 miliar sebelum pembahasan menjadi Rp331,59 setelah pembahasan. 

 

“Dengan sudah pengesahan senilai Rp1,9 triliun untuk APBD Siak 2019, maka segera disampaikan ke gubernur oleh bupati untuk diverifikasi. Mudah-mudahan segera selesai,” ujar Ketua DPRD Siak Indra Gunawan.

 

Lebih lanjut diakuinya, untuk anggaran APBD 2019 memang terjadi kenaikan sebesar Rp80-an miliar atas usulan. Hal ini diakuinya memang terdampak hasil transfer dana pusat ke daerah untuk 2018 ini. “Atas asumsi pelaksanaan memang berdampak positif,” tambahnya berharap anggaran 2019 dapat berjalan dengan optimal.

 

Sementara itu Bupati Siak H Syamsuar yang hadir mendengar laporan Banggar DPRD Siak terhadap hasil pembahasan rancangan APBD Siak 2019 mengapresiasi kinerja seluruh pihak. APBD tersebut ditegaskan Syamsuar akan disampaikan segera kepada gubernur sesuai mekanisme.

 

‘’Fokusnya sesuai dengan program RPJMD kita, di mana skala program prioritas tetap mengedepankan kepentingan masyarakat melalui tugas pemerintah agar pemerintah di Siak ini benar-benar hadir untuk masyarakat,” ujar Syamsuar.

 

rpc/adv