AS Resmi Buka Kedubes untuk Israel di Yerusalem

Administrator - Selasa,15 Mei 2018 - 00:30:14 wib
AS Resmi Buka Kedubes untuk Israel di Yerusalem
Amerika Serikat resmi membuka kedutaan besar negaranya untuk Israel di Yerusalem dalam sebuah upacara pada Senin (14/5). AFP Photo/Menahem Kahana/Cnni

Jakarta: Amerika Serikat resmi membuka kedutaan besar negaranya untuk Israel di Yerusalem dalam sebuah upacara pada Senin (14/5).

 

"Hari ini, kami membuka kedutaan besar Amerika Serikat di Yerusalem, Israel," ujar Duta Besar AS untuk Israel, David Friedman, dalam pembukaan upacara yang dihadiri oleh delegasi Washington dan pejabat Israel, sebagaimana dikutip Reuters.

 

Saat upacara ini digelar, warga Palestina menggelar aksi protes besar-besaran atas pembukaan kedubes tersebut dilima titik di sepanjang Jalur Gaza.

 

Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan bahwa hingga saat ini setidaknya sudah ada 38 warga Palestina tewas akibat timah panas tentara Israel.

 

Pemindahan kedubes AS ini dilakukan sesuai dengan keputusan Presiden Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Desember lalu.

 

Keputusan ini menuai kecaman karena selama ini Yerusalem berada di pusaran konflik Israel dan Palestina. Mereka memperebutkan Yerusalem sebagai ibu kota negara masing-masing.

 

Perebutan kota suci bagi umat Muslim dan Kristen itu sudah dimulai sejak lama. Israel akhirnya berhasil merebut Yerusalem saat perang Timur Tengah pada 1967 silam. 

 

Mereka kemudian mencaplok daerah tersebut, tapi tak diakui oleh masyarakat internasional. Untuk menegaskan penolakan tersebut, tak ada negara asing yang mendirikan kantor perwakilannya untuk Israel di Yerusalem. 

 

has/cnni