ASUS VivoBook Flip 14, Konvertibel dan Tangguh

Administrator - Rabu,04 April 2018 - 22:54:49 wib
ASUS VivoBook Flip 14, Konvertibel dan Tangguh
VivoBook Flip menjadi tawaran laptop 2-in-1 terbaru dari ASUS. Mtvn

Jakarta: Laptop 2-in-1 mulai menarik perhatian pengguna laptop sejak sekitar dua tahun lalu. Salah satu alasan orang lebih tertarik untuk menggunakan laptop 2-in-1 adalah karena ia lebih praktis. Dengan satu perangkat, Anda bisa memiliki laptop dan juga tablet. Salah satu penawaran dari ASUS dalam lini laptop 2-in-1 adalah VivoBook Flip. 

 

Ini ulasan lengkap tentang pengalaman penggunaan dari laptop ini.

Desain
VivoBook Flip tampil sederhana dengan bagian belakang layar berwarna hitam dan logo ASUS berwarna perak di bagian tengah. Bagian belakang layar terbuat dari campuran plastik meski untungnya, hal ini tidak mmebuat VivoBook Flip terlihat seperti laptop murahan. 

 

Pada bagian dalam, layar VivoBook Flip dibingkai oleh metal. Meskipun memiliki ukuran layar 14 inci, laptop ini tidak memiliki bodi yang terlalu besar berkat rangka tipis pada layarnya. Memang, bezel pada layar VivoBook Flip bukanlah yang paling tipis. Namun, ia tidak terlalu tebal seperti laptop kebanyakan.

 

Bezel yang lebih tipis ini juga membuat VivoBook Flip tidak terlalu bongsor ketika digunakan dalam mode tablet. Meskipun begitu, dengan bobot 1,6 kilogram, VivoBook Flip membuat tangan saya dengan mudah lelah ketika menggenggamnya dengan satu tangan. Karena itulah, biasanya saya meletakkannya pada meja bahkan ketika menggunakannya dalam mode tablet. 

 

Sama seperti kebanyakan laptop 2-in-1 lainnya, VivoBook Flip memasang tombol power dan volume pada bagian samping. Tujuannya, ketika Anda menggunakannya pada mode lain -- seperti tablet atau tent -- Anda tetap bisa menjangkau tombol itu dengan mudah. 

 

Soal konektivitas, port yang disediakan oleh ASUS cukup lengkap. Laptop ini hadir dengan port audio, 1 port USB-C 3.0, 1 USB 3.0, 2 USB 2.0, port HDMI, dan juga SD card reader. 

 
Performa 
Dengan layar 14 inci, VivoBook Flip dapat menghasilkan warna 131 persen pada spektrum sRGB. Ini membantu bagi Anda yang sering berkutat dengan foto atau gambar. Sementara itu, layar IPS dengan resolusi Full HD dapat menghasilkan gambar dengan warna yang kaya. 

 

Untuk masalah keyboard, ASUS menggunakan keyboard chiclet dengan travel distance yang cukup pendek. Keyboard dari laptop ini cukup nyaman untuk digunakan. ASUS juga sudah melengkapi keyboard dari laptop 2-in-1 ini dengan backlight. Anda bisa mengatur sendiri tingkat keterangan dari backlight keyboard ini. 

 

Dengan Intel Core i5-7200U dan RAM 8GB, laptop ini sudah cukup kencang untuk pemakaian sehari-hari. Laptop ini juga cukup tangguh untuk digunakan mengedit foto menggunakan Lightroom atau Photoshop. Dalam mengedit foto, layar yang menghasilkan warna kaya akan sangat membantu. 

 

Ini hasil benchmark VivoBook Flip 14. 

Sayangnya, laptop yang Medcom.id uji kali ini tidak dilengkapi dengan SSD atau sensor sidik jari. Meskipun begitu, ASUS menyediakan varian yang telah menggunakan SSD dan dilengkapi dengan sidik jari. Tentu saja, hal ini akan membuat harga dari laptop menjadi lebih mahal. 

 

Meskipun tidak ditujukan untuk kalangan gamer, ASUS sudah melengkapi VivoBook Flip dengan NVIDIA GeForce 930MX. Memang, spesifikasi dari laptop ini tidak akan cukup kuat untuk memainkan game seperti Assassin's Creed Origin. Namun, jika Anda hanya ingin memainkan game seperti DOTA 2, laptop ini sudah cukup memadai. 

 

Sayangnya, baterai dari VivoBook Flip kurang awet. Saat diuji menggunakan PCMark, laptop ini tidak bisa bertahan hingga empat jam. Di satu sisi, desain konvertibel dari laptop ini memang memudahkannya untuk dibawah berpergian. Di sisi lain, baterai yang kurang awet membuat Anda tidak bisa menggunakannya terlalu lama tanpa mencari colokan listrik. 

 

Kesimpulan
VivoBook Flip 14 merupakan perangkat multifungsi yang bisa Anda gunakan sebagai laptop sekaligus tablet. Hardware yang tertanam di dalamnya cukup mumpuni untuk melakukan tugas sehari-hari dan juga memainkan game yang tidak terlalu berat. 

 

Layar 14 inci VivoBook Flip memiliki resolusi yang cukup tinggi dan dapat menghasilkan warna yang kaya. Hal ini tidak hanya membuat Anda lebih nyaman ketika mengonsumsi konten video atau foto, tapi juga membantu Anda saat hendak melakukan proses editing foto atau video. 

 

Dengan bobot 1,6 kilogram, bodinya cukup ringan untuk dibawa berpergian. Sayangnya, baterai dari VivoBook Flip hanya bisa bertahan 3,5 jam. 


ASUS VivoBook Flip 14 TP410U

Ukuran Layar                          14 inci FHD 1920x1080
Prosesor                                  Intel® Core™ i5 7200U
GPU                                        NVIDIA GeForce 930MX,2GB GDDR5 VRAM
RAM                                        8GB
Memori Penyimpanan            1TB 5400RPM SATA HDD
Battery                                    3 Cells 42 Whrs Battery
Bobot                                      1,6kg
Dimensi                                   327.4 x 226.5 x 19.2 mm
Harga                                      Rp10.699.000

 

Mtvn/RRN/MMI