Bekraf Optimistis HaKI Jadi Agunan Kredit Bank Tahun Ini

Administrator - Sabtu,10 Maret 2018 - 23:02:52 wib
Bekraf Optimistis HaKI Jadi Agunan Kredit Bank Tahun Ini
Pelaku industri kreatif diharapkan sudah bisa mengajukan pinjaman pada bank dengan menganggukan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) pada tahun ini. REUTERS/Darren Whiteside/Cnni

Jakarta: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) optimis pelaku industri kreatif bisa mulai mengagunkan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) untuk mendapatkan pendanaan dari perbankan tahun ini. Saat ini, kajian pembiayaan tersebut masih dibicarakan dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan sistem itu akan membantu pelaku industri kreatif yang tidak memiliki aset properti tetap untuk memiliki kesempatan mengajukan pinjaman pada bank.

 

"Misalnya pemusik, mereka mau pinjam bagaimana? Nah ini jadi nanti bank bisa melihat sepak terjang pemusiknya," terang Triawan pada media, Jumat (9/3).

 

Nantinya, penilaian untuk memberikan pembiayaan kepada pelaku industri kreatif juga dibantu oleh valuator yang ditunjuk oleh pemerintah dan OJK. Namun, OJK akan lebih dulu mendidik valuator sebelum benar-benar melaksanakan tugasnya.

 

"Di OJK, ini sudah diformulasikan bagaimana ide kreatif bisa diagunkan," sambung Triawan.

 

Triawan optimis pelaku industri kreatif di Indonesia memiliki kualitas yang cukup baik, sehingga ia yakin rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) perbankan tidak akan terganggu ketika mereka menyalurkan pembiayaan untuk pelaku industri kreatif.

 

"Tingkat NPL perbankan akan rendah karena seniman ini misalnya punya produk yang mahal," tandas Triawan.

 

Usulan HaKI dapat dijadikan agunan di perbankan sebenarnya sudah diajukan sejak tahun lalu. Sayangnya, hingga saat ini, jumlah pelaku industri kreatif yang mendaftarkan HaKI masih di bawah 11 persen. 

 

agi/cnni