Sempat Tertunda, Mitsubishi Ekspor tipe LMPV April 2018

Administrator - Senin,26 Februari 2018 - 18:15:55 wib
Sempat Tertunda, Mitsubishi Ekspor tipe LMPV April 2018
Mitsubishi Motors Corporation akan melakukan ekspor mobil tipe Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Mitsubisi Xpander pada April 2018. Screenshot via Youtube/@ASEAN NCAP/Cnni

Jakarta: Mitsubishi Motors Corporation akan melakukan ekspor mobil tipe Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Mitsubisi Xpander pada April 2018. Sebelumnya, ekspor sempat tertunda karena banyaknya kebutuhan di dalam negeri.

 

Kendaraan yang diproduksi di Indonesia ini rencananya akan diekspor ke Filiphina, Thailand dan Vietnam untuk tahap awal. Selanjutnya ke seluruh dunia pada tahun ini. 

 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebutkan mobil Mitsubishi Xpander memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dalam komponennya sebanyak 70 persen.

 

Dalam proses produksinya, industri manufaktur itu dapat menyerap tenaga kerja asal indonesia hingga 3400 orang. Mitsubishi Motors telah berinvestasi di Indonesia senilai US$700 juta.

 

"Mitsubishi akan melakukan ekspor perdana pada bulan April. Ekspor tertunda sebentar karena permintaan dalam negeri meningkat," terang Airlangga pada acara Konferensi Pers di Gedung Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, Senin (26/2). 

 

CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko mengamini pernyataan Airlangga mengenai ekspor perdana Mitsubishi Xpander pada April mendatang.

 

Sebelumnya, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menunda ekspor low multi purpose vehicle (LMPV) Xpander. Jadwal diundur sampai pertengahan 2018, setelah sebelumnya rencana ekspor akan dimulai pada Februari.

 

"Cuma waktunya ekspor sedikit dimundurkan. Rencana awal tahun, tapi jadinya pertengahan tahun," kata Direktur Divisi Penjualan dan Pemasaran MMKSI Irwan Kuncoro di Bekasi, Jawa Barat, kemarin.

 

Hal tersebut juga telah menjadi keputusan yang dikeluarkan prinsipal Mitsubishi di Jepang. Menurut prinsipal Mitsubishi, pasar Indonesia harus terpenuhi setelah itu beralih ke pasar ekspor. 

 

lav/bir/cnni/rr