KPK Gandeng IDI Antisipasi Novanto Sakit Jelang Sidang

Administrator - Senin,11 Desember 2017 - 23:23:45 wib
KPK Gandeng IDI Antisipasi Novanto Sakit Jelang Sidang
Ketua KPK Agus Rahardjo. Dok. Mtvn

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menyiapkan sejumlah hal mengantisipasi jika tersangka kasus KTP elektronik Setya Novanto sakit jelang sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu 13 Desember 2017. Lembaga antikorupsi menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk memeriksa kesehatan Novanto.

 

"Seperti kejadian kemarin dari Rumah Sakit Permata Hijau itu kita dibantu IDI. Kan pendapatnya bahwa tidak perlu beliau (dirawat), tidak sakit, cukup alasan KPK (lakukan) penahanan," kata Ketua KPK Agus Rahardjo kepada media di sela-sela acara peringatan Hari Antikorupsi se-dunia, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin, 11 Desember 2017.

 

Agus memastikan, selama menjalani masa tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) KPK, kondisi Ketua Umum nonaktif Partai Golkar itu dalam keadaan sehat. Kepastian itu didapat Agus setelah memantau akivitas Novanto dari CCTV yang terpasang di ruang tahanan.

 

"Sehat. Kan pimpinan punya akses untuk memonitor common room dari rutan. Bukan tempat tidurnya ya, tapi common room-nya. Di situ kita lihat aktivitas langsung beliau," ujar dia.

 

Di sisi lain, Agus berharap gugatan praperadilan Ketua DPR RI itu gugur setelah Pengadilan Tipikor Jakarta resmi membuka sidang perdana perkara korupsi KTP-el. "Ya, saya berharap, sidangnya kalau terjadi sehari sebelum praperadilan, praperadilannya batal," ucap dia.

 

Pucuk pimpinan lembaga antirasuah ini juga yakin sidang praperadilan Novanto tidak akan dibacakan pekan ini. Mengingat, masih banyak agenda pemeriksaan dari gugatan praperadilan mantan Bendahara Umum Partai Golkar tersebut.

 

"Ya, kan masih banyak hal yang harus diklarifikasi di praperadilan," ujar Agus.

 

Ren/mtvn/rr