Legenda Musik God Bless sampai So7 dalam Satu Panggung

Administrator - Sabtu,25 November 2017 - 19:21:45 wib
Legenda Musik God Bless sampai So7 dalam Satu Panggung
Super grup yang terdiri dari Sheila On 7, Gigi, Kahitna, Krakatau, dan Godbless tampil dalam satu konser. Cnni

Jakarta: Alat musik sudah tertata rapi di atas panggung Balai Sidang, Jakarta Convention Center, Selasa (21/11) malam. Ada beberapa piano dan organ. Bukan cuma itu, drumnya pun lima set.

 

Memang akan ada lima grup papan atas Indonesia yang tampil di panggung yang sama. Mereka adalah musisi-musisi yang sudah berkarier lebih dari 20 tahun. Mulai dari yang paling senior, God Bless, Krakatau, Kahitna, Gigi, hingga Sheila On 7.

 

Silih berganti mereka tampil dengan durasi masing-masing 30 hingga 45 menit.

 

Namanya saja konser 5upergroup. Bukan hanya penampilnya yang super, musiknya pun istimewa.

 

Ahmad Albar, vokalis God Bless membuka konser itu dengan muncul di tengah-tengah penonton pada pukul 20.30 WIB. Dia membawakan lagu populer Panggung Sandiwara.

 

Seisi JCC, walau banyak kursi kosong, ikut menyanyikan tembang kenangan itu.

 

"Selamat malam pecinta musik Indonesia. Kami jarang sekali main di Balai Sidang, biasanya di stadion-stadion. Ini kesempatan yang luar biasa," kata Ahmad Albar usai menyanyikan Musisi dan Bla Bla Bla.

 

Penggawa God Bless, grup yang berdiri sejak 1973 itu boleh dibilang tak lagi muda. Mereka sudah berusia di atas 65 tahun. Namun, mereka tetap energik memainkan alat musik.

 

Ahmad Albar pun masih bersuara lantang bak rocker sejati. Di usianya yang sudah 71 tahun dia masih kuat menguasai panggung, walau gerakannya tak segesit dahulu.

 

Ayah dari aktor Fachri Albar itu juga sempat meminta doa kepada penonton untuk rekan mereka, pemain kibor Jockie Surjoprajogi yang tak bisa ikut tampil lantaran sakit.

 

"Kami selalu berdoa agar dia cepat sembuh dan tetap bisa berkarya," ucap Ahmad.

 

Penampilan God Bless langsung disambung oleh performa Gigi. Personel Gigi tampil dengan gaya yang sporty. Sang vokalis Armand Maulana memakai kaos bisbol hitam bernomor punggung 71, yang dipadankan dengan sepatu merah.

 

Dia meloncat ke sana ke mari membawakan lagu hit Gigi mulai dari Terbang, Panas, Ku Ingin, dan Andai. Gigi juga menyanyikan lagu 11 Januari beserta Nirwana.

 

Beberapa kali Armand sempat berjalan ke arah penonton dan meladeni permintaan selfie bersama, masih sambil bernyanyi. Dia akhir penampilanya, Armand memberi pesan khusus untuk masyarakat Indonesia.

 

"Pesan buat Indonesia, tahun depan 2018, terus 2019 ada Pemilu. Enggak ada ribut, oke?" kata Armand kepada penonton setelah membawakan lagu penutup, Janji.

 

Usai Gigi, giliran Krakatau mengambil alih panggung. Dibanding dua penampilan sebelumnya, Krakatau lebih banyak bermain instrumental dan menunjukkan kebolehan bermain musik para personelnya. Satu persatu dari drum, kibor, gitar, dan bass menyuguhkan permainan dengan musikalitas tinggi.

 

Tak ketinggalan sang vokalis, Trie Utami. Dengan suara yang menggelegar ia menyanyikan lagu-lagu top Krakatau, di antaranya Kau Datang dan Gemilang.

 

Setelah menikmati permainan musik yang memukau dari krakatau, penonton diajak bernyanyi bersama dengan Kahitna. Lirik romantis dari lagu-lagu Kahitna itu membuat para penonton bangkit dari tempat duduknya, berjoget dan bernyanyi bersama.

 

Takkan Terganti, Cerita Cinta, Andai Dia Tahu, Mantan Terindah, Hanya Untukku, dan Cantik menggema di JCC malam itu.

 

Super grup terakhir yang mengisi panggung adalah Sheila On 7. Lagu-lagu pop SO7 ini membuat para penonton berjingkrak-jingrak menikmati musik band asal Yogyakarta ini.

 

Mereka tampil membawakan Jadikanlah Aku Pacarmu, Seberapa Pantas, Dan, Radio, Itu Aku, dan Lapang Dada.

 

"Om-om, Pakde-pakde, Bude-bude, saya ngucapin terima kasih untuk semuanya di hari yang bukan akhir pekan ini tetap datang ke JCC. Kami senang bisa disandingkan dengan idola-idola Sheila On 7. Mudah-mudahan jadi agenda tahunan," kata Duta sebelum menyanyikan Melompat Lebih Tinggi dan Sebuah Kisah Klasik.

 

Konser 5upergroup ditutup oleh performa God Bless menyanyikan Semut Hitam dan Rumah Kita. Di penghujung lagu Rumah Kita, semua personel super grup naik ke atas pentas dan bernyanyi bersama.

 

rsa/cnni/rr