Barry Irawan Siasati Riasan Nikah Kahiyang agar Tahan Lama

Administrator - Sabtu,25 November 2017 - 15:52:55 wib
Barry Irawan Siasati Riasan Nikah Kahiyang agar Tahan Lama
Penata rias Kahiyang Ayu, Barry Irawan mengaku mesti menyiasati riasannya agar tahan lama saat Kahiyang menjalani prosesi yang memakan waktu cukup panjang. Ant/Cnni

Jakarta: Berbeda dengan pengantin lainnya, pengantin adat Batak kadang mesti menjalani prosesi adat yang cukup lama. Dengan demikian, riasan wajah pengantin pun tak pelak mesti benar-benar bisa disiasati agar juga bertahan lama.

 

Hal itulah yang jadi perhatian utama Barry Irawan, penata rias yang dipercayai untuk merias putri presiden Jokowi, Kahiyang Ayu saat menjalani pesta adat dan resepsi pernikahannya dengan Bobby Nasution di Medan, dari Jumat (24/11) hingga Minggu (27/11).

 

Menurut Barry, total ada empat look atau riasan yang akan ia kerjakan untuk Kahiyang, dari mulai prosesi Jumat, Sabtu dan kemudian berlanjut di resepsi Minggu.

 

"Pada Jumat, Kahiyang pakai kebaya oranye, dan semacam perlengkapan aksesori adat Mandailing. Makeup diminta disesuaikan dengan busana kahiyang itu, karena warna cerah maka warna riasan juga cerah, supaya nggak pucat di pelaminan," ujarnya, Jumat (24/11).

 

Lebih jauh, Barry menuturkan ada permintaan dalam hal riasan wajah ini. "Karena acara berlangsung seharian dari pagi kemungkinan sampai subuh juga, jadi diminta buat makeup yang tahan lama."

 

Dalam menyisatinya, Barry mengaku punya ramuan tersendiri. Kahiyang, kata dia, punya kulit berminyak dan sensitif. Oleh karenanya, ia memilih kosmetik untuk kulit sensitif. "Kosmetik yang memang basic matte, jadi kalaupun mau hasil akhir glowing kasih shimmer di bagian finishing saja," ujarnya.

 

Jika Jumat pagi, Kahiyang pakai baju oranye, untuk malamnya ia berganti kebaya warna gold, atau emas, dan itu dari atas kepala hingga ujung kaki, ia pakai semua aksesori adat Mandailing termasuk aksesori kepala bulang.

 

"Saya biasa rias pengantin Batak, dan memang beda dibanding yang lainnya, terutama karena durasi mereka yang bisa lama, dari pagi sampai malam, malah ada yang sampai pagi lagi," ujarnya.

 

Bicara soal kesulitan dalam riasan, Barry menuturkan, ia mesti ikuti aturan dari raja-raja adat, jika ada saatnya harus mengenakan mahkota atau tidak. Itu mesti menyesuaikan dengan riasan.

 

Riasan resepsi

Untuk agenda Sabtu, kata Barry, Kahiyang pakai kebaya merah, sementara di Minggu, ia memakai kebaya cerah kuning lemon.

"Kita juga pilih riasan yang beda, sesuai warna, misal hari ini lipstik merah dan oranye. Minggu warna pink fuchsia, jadi lebih fresh," ujarnya.

Dari tuturannya, Barry mengatakan Kahiyang rekues khusus sama dia supaya jangan menor, walau pilih warna cerah. Soalnya, kata Barry, Kahiyang termasuk orang yang memikirkan apa omongan netizen.

"Dia kerap nanya, 'kayak hantu nggak ya', seperti di Insta Story dia beberapa waktu lalu. Itu masih dibahas sampai tadi pagi. Terus dia juga minta supaya 'jangan keputihan, jangan kemenoran, nanti dibilang kayak hantu lagi,'" ujarnya.

Sebagai tim makeup, Barry kemudian menghiburnya sehingga dari kesal, jadi bahan bercandaan. Menurut dia, Kahiyang dirias dari pagi jam 6 kelar jam 9. Durasi makeup total sekitar tiga jam.

Cerita soal pegang riasan Kahiyang ini, Barry mengatakan ia sempat kaget waktu tahu pertama kali.

"Saya sempat nervous juga antara percaya dan nggak percaya pegang putri orang nomor satu di Indonesia," ujarnya.

Barry mengatakan awalnya, ia dihubungi ibu Ade (ibu Bobby). Saat itu, ia tidak tahu kalau bu Ade besannya Presiden Jokowi. "Saya baru tahu akan makeup Kahiyang pas tes makeup di kediaman bu Ade," ujarnya.

Sebelumnya, Barry pernah merias sejumlah artis dan publik figur seperti Annisa Pohan, Marcella Zalianty, Cathy Saron dan Julie Estelle.


Rah/Cnni/RR